Blog

Mengenal Website eCommerce

Mengenal Website eCommerce

Berbicara masalah jual beli online, sering kita mendengar istilah ecommerce, apakah yang dimaksud dengan istilah tersebut? Ecommerce merupakan istilah perdagangan elektronik yang mana pendistribusian, penjualan, pembelian dan pemasaran barang serta jasa dengan cara melalui sistem elektronik seperti internet, media elektronik maupun jaringan komputer lainnya. Kegiatan Ecommerce dilakukan dengan melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen persediaan barang otomatis, dan sistem pengumpulan data secara otomatis.

Pada saat ini para pelaku bisnis dalam merealisasikan kegiatan ecommerce tanpa harus disibukan dalam proses teknis pembuatan maupun pengembangan aplikasi ecommerce terutama yang berbasis web, dimana sekarang sudah banyak pengembang perangkat lunak berbasis web yang menyediakan layanan sewa website ecommerce. Dengan menggunakan layanan sewa website ecommerce para pelaku bisnis akan lebih efisien dan efektif dalam hal waktu serta tenaga tanpa harus pusing memikirkan sewa domain, sewa web hosting, pemeliharaan dan pembuatan website.

Didalam perindustrian teknologi informasi kegiatan ecommerce melalui layanan sewa website ecommerce ini merupakan aplikasi dan penerapan dari kegiatan ebisnis (ebusiness) yang berkaitan dengan transaksi komersial, seperti: transfer dana secara elektronik, SCM (supply chain management), epemasaran (emarketing), atau pemasaran online (online marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction processing), pertukaran data elektronik (electronic data interchange /EDI) dan kegiatan serta transaksi elektronik lainnya.

Kegiatan ecommerce yang praktis dengan cara sewa website ecommerce merupakan bagian dari ebusiness, di mana jangkauan maupun cakupan ebusiness lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi juga meliputi pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan pelanggan/nasabah, lowongan pekerjaan dan lain sebagainya. Selain teknologi jaringan internet berbasis www, ecommerce juga memerlukan teknologi basisdata (databases), surat elektronik (email), dan bentuk teknologi non komputer pendukung yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang (shipping), dan alat pembayaran untuk ecommerce ini.

Dalam banyak permasalahan, sebuah perusahaan ecommerce dapat bertahan dan berkembang tidak hanya mengandalkan kekuatan produk saja, tapi dengan didukung adanya tim manajemen yang mumpuni, pengiriman barang yang sesuai jadwal, pelayanan pelanggan yang bagus, struktur organisasi bisnis yang baik, jaringan infrastruktur dan keamanan data kredibel, desain website yang bagus dan menarik dikarenakan banyak vendor yang memberikan pilihan dalam layanan sewa website ecommerce, serta beberapa faktor yang termasuk:

Memberikan harga yang bersaing
Memberikan jasa pelayanan pembelian yang cepat, tepat, dan ramah.
Memberikan informasi mengenai barang dan jasa yang lengkap dan jelas.
Memberikan banyak bonus seperti diskon, kupon, dan penawaran istimewa lainya.
Memberikan perhatian khusus seperti saran dan usulan pembelian barang dan jasa.
Memberikan rasa nyaman untuk berdiskusi seperti dalam kuminitas
Menerima dan menanggapi kritik, saran dan masukan dari pelanggan.
Mempermudah dalam kegiatan perdagangan.

Berikut adalah beberapa fitur e-commerce

Email dan Messaging
Content Management Systems
Dokumen, spreadsheet, database
Akunting dan sistem keuangan
Informasi pengiriman dan pemesanan
Pelaporan informasi dari klien dan enterprise
Sistem pembayaran domestik dan internasional
Newsgroup
Online Shopping
Conferencing
Online Banking

Silahkan kunjungi produk Inolabs lainnya seperti Software Apotek, Software Klinik, dan Software Rumah Sakit yang semuanya berbasis web.