Blog

Tips Persiapan Pembuatan Website

Tips Persiapan Pembuatan Website

Dalam pembuatan website diperlukan 2 hal yang mendasar yaitu suatu nama domain dan web hosting agar website kita tampil diinternet. Web hosting juga terdapat pilihan yang gratis ataupun berbayar, tentu saja fitur dan fasillitas dari web hosting tersebut berbeda.  Pada kesempatan ini akan membahas mengenai cara menggunakan hosting berbayar untuk membuat website kita tampil di internet. 

Untuk itu diperlukan web hosting yang baik, menentukan nama domain yang sesuai dengan keinginan.  Sebagai ilustrasi Sebuah web hosting adalah merupakan sebuah perusahaan yang memiliki beberapa komputer server  yang selalu terhubung ke internet dan jika seseorang menempatkan halaman-halaman website di komputer server tersebut, maka orang lain diseluruh dunia melalui internet bisa mengakses  komputer tersebut dan melihat halaman website tersebut.

Pada umumnya penyedia web hosting juga sudah menyediakan layanan registrasi nama domain. Pemilihan nama domain agak menyulitkan karena nama nama domain yang bagus sudah disewa orang lain. Jika nama domain sudah terlanjur disewa orang lain sebaiknya mencoba mencari alternatif nama domain dengan 2-3 kata dan meng gunakan variasi kata-kata disambung langsung atau dipisahkan dengan tanda -. Misalnya websitesaya.com atau website-saya.com.  Sebagai kewajiban dalam  penggunaan atas nama domain tersebut diharuskan membayar biaya sewa tahunan. Sebagai  informasi tambahan bahwa  setiap nama domain/website adalah unik dan hanya satu-satunya di internet.

Selain memilih web hosting dan menentukan nama domain, hal yang juga harus dipertimbangkan adalah memilih paket web hosting  yang sesuai dengan kebutuhan dengan cara memilih paket hosting yang paling kecil pada tahap awal dan selanjutnya dapat mengupgrade ke paket yang lebih besar seiring dengan perkembangan trafik kita.

Selain hal hal tersebut diatas, tahapan yang tidak kalah pengting adalah memilih lokasi server (USA, Singapura, Indonesia dll) agar disesuaikan berdasarkan target ppengunjung yang dituju, misalnya jika pembuatan website tersebut ditujukan untuk pengunjung dari Indonesia, maka lebih baik pilih lokasi server di Indonesia begitu juga jika target pengunjung dari negara lain.

Dari semua keterangan yang telah disebutkan diatas maksud dan tujuan menyewa nama domain dan web hosting adalah karena kebutuhan akan adanya tempat untuk mengupload file hasil pembuatan website yang sudah dilakukan agar online di internet dan dapat di akses oleh pihak lain dari lokasi manapun.

Silahkan kunjungi produk Inolabs lainnya seperti Software Apotek, Software Klinik, dan Software Rumah Sakit yang semuanya berbasis web.