Blog

Tipe Penjual Toko Online

Tipe Penjual Toko Online

Seperti halnya listrik, lampu, mesin dan telepon, internet merupakan salah satu penemuan terbesar didunia yang telah mengubah peradaban dan cara hidup manusia. Contoh yang sederhana dan menjadi trend saat ini adalah cara jual beli barang melalui internet cukup dengan foto maupun video asli dari barang tersebut, penjual dan pembeli dapat melakukan transaksi elektronik tanpa harus bertemu secara langsung hanya untuk melihat barang dan membayar secara tunai, sarana transaksi jual beli melalui internet tersebut sering kita kenal sebagai toko online. Saat ini took online sudah menjadi istilah umum, barang maupun jasa yang dijualbelikan  juga beraneka macam begitu pula tipe/jenis penjual toko online juga bermacam macam, antara lain sebagai berikut :

Si Gaul
Penjual tipe ini biasa memanggil pelanggannya dengan sebutan "Bro", saat ngobrol dengan pelanggannya juga menggunakan istilah "Gue-Elu" , nuansa ngobrolnya pun menggunakan bahasa sehari hari dan sangat santai seperti pergaulan teman akrab.  Sebenarnya istilah “Bro” itu digunakan untuk memanggil teman teman terbaik yang dekat dan akrab. Mungkin, penjual tipe ini menganggap semua pelanggan adalah sahabatnya. Jika bertemu dengan penjual yang tipenya seperti ini, saat yang tepat untuk menggunakan kesempatan meminta diskon dengan meminta harga teman. Jika Penjual tersebut tidak mau memberikan diskon, saatnya mencoba mengancam dengan memberitahu dia “Gue gak mau temenan lagi karena elu gak asyik”.

Si Penyayang
Sabar, bijaksana, mengayomi merupakan ciri dari tipe ini, penjual tipe ini selalu memanggil pelangganya dengan istilah “sayang” maupun “dear” yang mana istilah tersebut sering digunakan oleh orang tua - anak, suami – istri, antara  pasangan kekasih. Nuansa transaksinya terasa intim dan akrab sekali, karena penjual tipe ini bukan hanya memposisikan sebagai penjual tetapi juga sebagai orang yang dapat dipercaya meyakinkan pembeli dengan segala kegalauanya. Penjual dengan tipe penyayang ini akan selalu menjawab semua pertanyaan pembeli dengan sabar dan lebih, seperti teman curhat yang mengerti  dan memahami pembeli sehingga pembeli lebih terbuka menjadi dirinya sendiri.

Si Anak Sekolah
Karena suatu toko online sudah menjadi besar dan terkenal namanya, dia merasa perlu menjaga reputasinya dengan cara meningkatkan pelayanan kepada pelanggan hingga layaknya anak sekolah yang baru belajar menulis surat dengan menggunakan bahasa yang sangat resmi. Sebagai contoh, jika mengirim email menggunakan kalimat “Pelanggan yang terhormat” dan kata ganti yang digunakan harus formal seperti “Bapak”, “Ibu”,”Anda”,”Kami”,”Saya”, “Saudara” dll.

Si Mental Pegawai
Merupakan penjual yang keasyikan menjadi pegawai dan menerima gaji dari orang hingga pada suatu waktu berusaha mencari sampingan untuk menambah pengahasilan dengan cara membuat toko online sampai sukses. Tetapi penjual tersebut tidak dapat meninggalkan kebiasaanya sebagai pegawai, yang mana sering menggunakan istilah “Bos”  untuk memanggil atasan maupun orang lain yang dihormatinya, begitu juga saat malayani maupun memanggil pelanggannya di toko online, dia masih menggunakan istilah tersebut.

Si Saudara Perempuan
Istilah “Sis” sering digunakan oleh kebanyakan perempuan yang mempunyai toko online saat menyapa pembelinya yang perempuan, agar mendapatkan suasana yang lebih akrab dan dekat layaknya saudara perempuan yang sedang ngobrol dan saling memberikan tanggapan dengan penuh kelembutan identiknya sifat perempuan. 

Si Pemuji
Tipe penjual seperti ini, yang membuat perasaan pembeli (laki laki) menjadi lebih pencaya diri atau malah “ge-er”, karena penjual tersebut sering memangil pembelinya (laki laki) dengan sebutan “Gan” yang merupakan kependekan dari Ganteng. Dengan menggunakan istilah tersebut secara berulang ulang kepada setiap pembeli (laki laki), akan membuat perasaanya menjadi luluh dan suasana menjadi lebih cair.

Silahkan kunjungi produk Inolabs lainnya seperti Software Apotek, Software Klinik, dan Software Rumah Sakit yang semuanya berbasis web.