Blog

Apa itu website profile?

Apa itu website profile?

Website yang berupa company profile biasanya berbentuk website sederhana untuk menampilkan profil, produk / jasa, portfolio, visi, misi, rekananan kerja sebuah perusahaan. Website semacam ini hanya untuk memperkenalkan profil perusahaan yang bersangkutan meskipun juga dapat menjadi alat promosi jika dikelola dengan benar. Selain profil, produk/jasa dan portfolio yang berupa konten teks, foto/gambar ataupun video, fitur form kontak termasuk yang penting dalam website ini agar pengunjung dapat dengan mudah menghubungi perusahaan pemilik website tersebut jika suatu saat pengunjung memerlukan produk atau jasa perusahaan tersebut.

Website Company profile yang baik adalah sebuah website company profile yang dapat mencakup semua yang diinginkan perusahaan sebagai media komunikasi / penyampaian informasi tentang corporate value (nilai-nilai perusahaan) dan product value (nilai-nilai produk/servis yang dihasilkan) ke pada pihak-pihak yang membutuhkan, baik di dalam maupun di luar perusahaan. Pada saat ini website company profile semakin berkembang dengan menambahkan fitur-fitur tertentu seperti artikel-artikel terkait, bahkan forum diskusi dengan tujuan untuk memperbanyak materi konten dan menjaring pengunjung lebih banyak.

Pembuatan website company profile yang efektif dapat dihasilkan apabila penyampaian informasi dan pemahaman yang tepat tentang perusahaan tersebut. Desain website company profile harus representatif, sesuai dengan kesan, karakter dan image yang telah dibangun dan ingin ditampilkan oleh perusahaan. Umumnya kesan, karakter dan image yang ditampilkan pada company profile itu formal/resmi, konservatif, profesional, punya integritas, kredibel dan akuntabel. Tetapi ada juga perusahaan yang ingin lebih kelihatan casual, dinamis, egaliter, ramah, hangat dan akrab, berani tampil beda sambil tetap menjaga profesionalitas, integritas, kredibilitas dan akuntabilitas.

Selain representatif, website company profile juga harus bisa membantu supaya setiap informasi yang ada ditampilkan dengan benar, akurat, dan lengkap, dan disajikan dengan cara yang menarik, jelas dan mudah untuk dimengerti. Untuk memenuhi kebutuhan akan hal di atas, pemahaman tentang pemakaian wujud (form) dan ruang (space), tipografi, foto/ilustrasi, warna, dan layout yang tepat memegang peranan yang sangat penting. Selain itu perlu diperhatikan juga cara dan metode distribusi dan penyampaiannya.

Pemahaman mengenai product value perusahaan dengan baik merupakan suatu hal yang sangat diperlukan dalam pembuatan website company profile secara profesional. Diperlukan terobosan terobosan strategi agar dapat menarik hati konsumen untuk membeli produk usaha perusahaan tersebut. Produk usaha perusahaan itu dapat dibedakan berdasarkan mutu / kualitas, ukuran, desain, kemasan, dan kegunaan lebih dibandingkan pesaing. Strategi mengenai bagaimana produk kita lebih menarik konsumen dari segi harga dibandingkan pesaing. Strategi mengenai bagaimana produk kita dapat dikenal oleh konsumen melalui Iklan, Sales Promotion, Personal Selling dan Public Relation. Umumnya designer website company profile diberikan pemahaman / penjelasan oleh perusahaan mengenai produk mereka dan mempelajarinya dengan baik.

Silahkan kunjungi produk Inolabs lainnya seperti Software Apotek, Software Klinik, dan Software Rumah Sakit yang semuanya berbasis web.