Blog

Kenapa Pencatatan Keuangan yang Baik Sangat Penting dalam Bisnis Apotek?

Kenapa Pencatatan Keuangan yang Baik Sangat Penting dalam Bisnis Apotek?

Zaman modern saat ini identik dengan cepat, instan, dan mudah. Perkembangan pesat juga terjadi hampir di semua bidang seperti ilmu pengetahuan, teknologi, dan bisnis. Perkembangan di bidang bisnis yang sangat kompetitif menuntut para pelaku bisnis untuk selalu berinovasi demi mempertahankan eksistensinya, termasuk dalam bisnis apotek.

Penyediaan informasi yang cepat dan tepat waktu menjadi salah satu hal yang wajib dimiliki oleh setiap pelaku bisnis apotek untuk pengambilan keputusan supaya bisnis yang mereka jalankan dapat bertahan atau bahkan menguasai pasar. Untuk mencapai penyediaan informasi perusahaan, pelaku bisnis harus memahami sistem pencatatan keuangan yang baik demi tersedianya informasi perusahaan yang tidak hanya cepat dan tepat waktu tetapi juga berkualitas.

Banyak pengusaha menganggap pembukuan tidak penting. Karena setiap pengusaha memiliki pandangan yang berbeda mengenai pencatatan yang terjadi. Kadang, banyak pengusaha yang merasa bingung apa yang harus mereka catat. Berikut hal-hal yang harus dicatat:

1. Catatan Pengeluaran

Apa saja biaya pengeluaran yang terjadi dalam satu hari, itulah yang Anda catat. Biaya pengeluaran ini pada umumnya dibagi menjadi dua jenis yakni, biaya langsung dan biaya tidak langsung.

Biaya langsung adalah biaya pembelian bahan baku. Jika pada hari tertentu Anda membeli bahan baku atau membeli dari supplier, maka Anda harus memasukan uang keluar tersebut kedalam catatan pengeluaran.

Jika pada akhir bulan mengeluarkan budget untuk biaya operasional, seperti gaji pegawai, listrik, telepon, internet, PDAM, dan sebagainya catatan ini akan masuk ke dalam catatan pengeluaran tidak langsung. Dengan begitu Anda bisa lebih rapi dalam mengelolanya.

2. Catatan Pemasukan

Umumnya pengusaha selalu ingat mengenai catatan pemasukan, tetapi melupakan catatan pengeluaran. Catatan pemasukan adalah catatan yang dilakukan untuk mencatat seluruh pemasukan yang diperoleh dari penjualan produk atau jasa. Catatan ini harus jelas dan benar serta bisa dipertanggungjawabkan.

Apabila Anda memiliki bukti transaksi seperti bon, invoice, dan kuitansi, usahakan memiliki rekapnya. Saat transaksi tersebut dilakukan, maka segeralah melakukan rekap dari transaksi tersebut, sehingga tak ada salah catat.

Baca juga Seberapa Pentingkah Integrasi Apotek Antar Cabang?

3. Catatan Stok

Sebagai pemilik usaha, Anda harus mengetahui berapa jumlah stok barang milik Anda. Jika stok sudah mulai habis, maka Anda bisa segera meminta pesanan baru kepada supplier Anda.

Jangan sampai Anda benar-benar kehabisan stok, karena hal ini akan membuat pelanggan Anda lari dan mungkin tidak akan kembali ke apotek Anda. Anda bisa melihat berapa jumlah barang yang sudah mulai menipis.

Pencatatan tersebut sangat penting dilakukan sebagai data catatan keuangan. Bagi Anda yang memiliki pencatatan keuangan usaha secara baik, maka kondisi keuangan usaha bisa terpantau dengan baik pula.

4. Mengapa Pencatatan keuangan penting?

Pencatatan keuangan usaha adalah tahap awal dalam menjalankan tahapan akuntansi. Apabila Anda tidak melakukan pencatatan keuangan, maka Anda akan sangat sulit dalam membuat sebuah laporan keuangan di akhir periode keuangan.

Dengan pencatatan keuangan, Anda bisa mengetahui jumlah keuntungan yang Anda peroleh. Adanya pencatatan keuangan akan membantu Anda dalam mengetahui jumlah laba yang Anda terima dan juga jumlah kerugian yang Anda alami. Sehingga pada periode selanjutnya Anda bisa menentukan strategi seperti apa yang akan dilakukan.

Itulah alasan mengapa pencatatan keuangan usaha penting. Apabila Anda merasa pencatatan keuangan apotek ribet, karena dilakukan secara manual. Maka Anda bisa mencoba menggunakan software apotek Inofarma 2.0 yang sangat cocok untuk mengelola apotek Anda secara profesional dan efisien. Dapatkan segera penawaran terbaik Inofarma 2.0 sekarang juga dan bersiaplah menyambut berbagai keunggulan software apotek masa depan ini pada Maret 2019.

Teaser INOFARMA 2.0