Blog

Headphone vs Earphone, Mana yang Paling Aman?

Headphone vs Earphone, Mana yang Paling Aman?

Mendengarkan musik merupakan aktivitas yang menyenangkan dan pasti sering Anda lakukan sehari-hari. Mulai menemani saat beraktivitas, berolahraga atau saat sedang santai di rumah. Biar makin jelas, Anda pasti menggunakan headphone atau earphone.

Nah, tahukah Anda terlalu sering menggunakan earphone dan headphone bisa berdampak bagi kesehatan telinga. Lalu, manakah yang paling aman, headphone atau earphone?

Untuk mencegah kerusakan pada sistem pendengaran, dokter menyarankan untuk menggunakan headphone yang besar ketimbang earphone dengan tipe kecil.

Baca juga Jangan Tertipu, Ini Ciri-Ciri Hoax Kesehatan

Ini karena suara pada headphone lebih terdistribusi dan lebih menutup suara bising dari luar, dibandingkan earphone tipe kecil.

Earphone dianggap lebih berisiko karena memiliki speaker kecil namun dengan intensitas suara yang lebih besar. Ini memiliki dampak yang lebih terhadap pendengaran.

Beberapa cedera pendengaran akibat penggunaan alat seperti earphone, terkadang tidak dirasakan oleh penggunanya.

Ini karena setelah penggunaan, pendengaran mungkin akan kembali normal. Namun, walaupun tubuh masih bisa mengembalikan pendengaran dengan sendirinya, tetap dibutuhkan jeda agar pendengaran bisa beristirahat dari suara bising.

Baca juga Jangan Nekat Menyebarkan Hoax Kalau Tidak Mau Kena Pasal Berlapis Ini

Bulatan kecil earphone yang dipasang di telinga bisa menyebabkan infeksi hingga peradangan telinga. Kepala earphone itu bakal menekan telinga selama dipakai. Jika bentuknya tidak sesuai dengan lubang telinga, tekanan itu bakal terasa tidak nyaman dan menimbulkan bekas merah di telinga.

Sementara penggunaan earphone dengan model kepala yang diberi karet dapat menyumbat sirkulasi udara di bagian telinga. Kondisi ini bakal membuat telinga terasa panas dan gatal. Kotoran di dalam telinga juga bakal menempel di kepala earphone yang berbahaya jika tidak dibersihkan. Apalagi jika earphone dipakai secara bergantian.

Jadi, sebaiknya perhatikan kebersihan earphone jika tidak ingin mengalami masalah pada telinga. Perhatikan pula volume dari musik yang disetel. Pastikan tidak terlalu keras, atau setel sekitar 40 persen dari volume maksimal.

Baca juga Terungkap, Inilah 5 Mitos Salah Seputar Smartphone

Jika dipakai bergantian dengan orang lain, lebih baik Anda mengganti earphone dengan headphone. Peranti yang satu ini memang berukuran lebih besar dan menutup telinga secara sempurna saat dipakai.

Salah satu jalan yang bisa Anda lakukan adalah lebih memilih untuk menggunakan headphone ketimbang earphone. Pilihlah tipe headphone over-ear agar tidak memberikan tekanan berlebih pada gendang telinga.

Meski demikian, istirahatkan telinga setelah menggunakan headphone sekitar 60 menit.

Silakan kunjungi laman produk Inolabs Indonesia lainnya seperti Software Apotek, Software Klinik, dan Software Rumah Sakit yang semuanya berbasis web.