Blog

7 Mitos dan Fakta Seputar Kopi, Mana yang Anda Percayai?

7 Mitos dan Fakta Seputar Kopi, Mana yang Anda Percayai?

Kopi bikin susah tidur. Kopi dapat mengurangi stres. Kopi memperlancar buang air besar. Dan pernyataan lainnya seputar kopi yang sering Anda dengar. Namun, mana yang fakta dan mana yang hanya mitos? Dilansir dari buku karya Ryoko Iwata berjudul Coffee Gives Me Superpowers dan sumber lainnya, berikut tujuh fakta dan mitos seputar kopi yang perlu Anda tahu:

1. Kopi bikin susah tidur

Mitos! Kopi memang bisa membuat Anda ‘melek’ selama beberapa jam. Namun, jika Anda minum kopi sebelum midday (pagi atau siang hari), tentu Anda tidak akan mengalami insomnia. Maka dari itu, waktu terbaik untuk minum kopi ialah di pagi hari sebelum midday. Kafein memang mudah terserap dalam tubuh, tapi juga dengan mudah menghilang setelah 7 sampai 8 jam kemudian.

2. Kopi memperlancar buang air besar

Fakta! Yup, kopi adalah stimulan ampuh untuk mengatasi konstipasi. Kopi bahkan menjadi minuman ampuh untuk membuat Anda buang air besar secara teratur setiap harinya. Kafein pada kopi juga bisa memengaruhi usus Anda. Jadi, lebih baik berhati-hati dalam mengonsumsi kopi.

3. Kopi memperkuat daya ingat

Fakta! Sebuah studi yang dilakukan dengan memberikan dua cangkir kopi kepada partisipan membuktikan bahwa aktivitas otak meningkat ke dua arah yakni ke lobus frontal–tempat memori tersimpan dan bekerja—dan ke anterior cingulum. Kopi terbukti dapat meningkatkan fokus dan memori pada otak Anda.

4. Kopi dapat mengurangi stres

Mitos! Jika Anda mengonsumsi kopi dengan tujuan untuk mengurangi stres, itu adalah keputusan yang kurang tepat. Bagi Anda yang rentan terhadap serangan panik atau kecemasan lainnya, kafein pada kopi justru dapat meningkatkan stres.

5. Wanita hamil dilarang minum kopi

Mitos! Pada dasarnya, kafein tak bakal mengganggu janin. Namun, wanita yang sedang mengandung memang sebaiknya mengurangi konsumsi kopi. Baiknya sekitar satu gelas saja sehari.

Sebab, kafein dapat melewati plasenta dan “menyapa” sang bayi. Belum ada studi yang mengatakan bahwa hal ini membahayakan calon buah hati, tapi daripada ada apa-apa lebih baik mencegah, bukan?

6. Kopi membuat tubuh dehidrasi

Fakta! Orang menganggap kopi bisa menyebabkan dehidrasi. Anggapan ini benar adanya, karena kopi akan meningkatkan intensitas berkemih. Tapi ternyata, hal tersebut bukanlah satu-satunya yang menyebabkan tubuh dehidrasi.

Jika tubuh kita sedang fit dan konsumsi kopi tak terlalu tinggi, apalagi ditambah minum air putih yang sering, maka tubuh akan baik-baik saja.

7. Kopi bikin semangat olahraga

Fakta! Bisa dibilang, kopi adalah salah satu zat yang paling efektif untuk meningkatkan metabolisme. Itulah kenapa kalau kamu ingin lari pagi, sebelum pemanasan kira-kira 30 menit sebelumnya, minum kopi jadi alat yang efektif untuk mengimbangi gerakan tubuh. Sehingga tubuh juga jadi lebih siap untuk diajak berolahraga.

Silakan kunjungi laman produk Inolabs Indonesia lainnya seperti Software Apotek, Software Klinik, dan Software Rumah Sakit yang semuanya berbasis web.