Blog

Tips & Trik Agar Digital Ads Instagrammu Sukses

Tips & Trik Agar Digital Ads Instagrammu Sukses

Jika kamu adalah pelaku usaha, maka pemasaran merupakan kunci penting agar nilai produk kamu dapat diketahui oleh target pasar yang diinginkan. Salah satu jenis pemasaran yang paling berpengaruh pada zaman ini adalah online marketing di berbagai platform yang tersedia. Instagram menjadi platform yang memiliki peluang paling besar untuk menjangkau calon konsumen kamu. Selain menyediakan fitur untuk berbagi foto dan video, Instagram juga memiliki fitur Instagram Ads untuk memaksimalkan kamu memasarkan produk dan menjangkau calon konsumen lebih luas lagi.

Melalui Instagram Ads, kamu bisa iklan di feed Instagram dan Instagram Stories. Langkah-langkah pembuatan Instagram Ads cukup mudah, namun kamu harus tetap memperhatikan beberapa hal sebelum menggunakannya. Berikut tips dan trik agar Instagram Ads kamu sukses menjangkau calon konsumen yang lebih banyak;

  1. Ubah menjadi akun bisnis

Penting untuk mengubah akunmu menjadi akun bisnis jika ingin berjualan di sosial media Instagram. Sematkan kata kunci (keyword) yang biasa orang cari di dalam akun bisnis kamu. Misalnya, kamu adalah pegusaha kuliner yang beroperasi di Bandung, maka kamu bisa memakai nama akun bisnis @makananenak_bandung. Usahakan untuk membuat nama akun yang menarik dan iconic agar nama usahamu mudah diingat oleh para pengguna Instagram.

Akun bisnis memfasilitasi fitur insight yang dapat kamu gunakan untuk mengukur performa bisnis dan strategi pemasaran yang kamu lakukan di Instagram. Data-data dari fitur insight akan membantu kita untuk menentukan konten iklan yang tepat untuk menarik perhatian para audience. Salah satu yang paling berpengaruh adalah tingkat engangement dalam fitur insight, yang digunakan untuk melihat konten apa yang paling banyak memancing interaksi audience dari jumlah likes dan komentarnya.

Selain itu ada data impression dan reach yang perlu diperhatikan juga. Impression menyajikan data tentang seberapa banyak konten kamu dilihat oleh audience, sementara reach menyajikan data tentang seberapa banyak audience yang terjangkau oleh konten kamu. Di sini lah brand awareness mulai terbentuk.

Meningkatkan brand awareness sangat penting dilakukan untuk menghasilkan keuntungan melalui online marketing. Audience yang telah mengetahui produk kamu dan penasaran terhadapnya akan membuat mereka mengunjungi laman akun Instagram bisnismu. Jika mereka tertarik maka mereka akan menjadi followers dan calon konsumen yang potensial untuk bisnis kamu ke depannya.

  1. Visual adalah kunci

Instagram merupakan media sosial yang menyajikan konten berupa foto dan video, maka upayakan untuk membuat konten visual berupa foto dan video yang menarik mata para audience. Kamu bisa menyajikan foto yang menampilkan detail produk atau video yang memperlihatkan nilai dan kegunaan produk. Konsepkan tema foto dan video yang akan disajikan di laman akun Instagram bisnis kamu, usahakan konten iklan yang kamu buat terlihat natural di mata audience.

Lakukan riset mengenai target audience yang kamu tuju, cari tahu konten seperti apa yang biasa mereka lihat di Instagram dan konten seperti apa yang mereka sukai. Setelah memahami minat dan kebiasaan target audience, kamu bisa dengan mudah membuat konten yang seolah-olah bukan iklan ketika mereka melihatnya. Jika agar audience tertarik untuk follow pada saat mengunjunginya.

  1. Bercerita melalui caption

Ceritakan nilai dari bisnis yang kamu miliki dan tunjukan kegunaan produk yang dapat menjadi solusi bagi para audience. Pelajari beberapa teknik copywriting untuk membangun konsep cerita yang relate terhadap kondisi saat ini dengan menawarkan produk kamu sebagai ‘jalan keluar’ yang bisa mereka pilih. Tunjukan hal-hal tersebut di dalam caption dengan menyesuaikan gaya bahasa dengan target pasarmu. Lengkapi pula dengan informasi produk, seperti cara pemesanan, detail produk, harga, dan potongan harga.

  1. Kekuatan Instagram Stories

Laman kompas merilis bahwa 52 persen pengguna instagram lebih tertarik dengan konten iklan yang mereka lihat di Instagram Stories. Meskipun durasi Instagram Stories hanya berlaku 24 jam saja, tetapi fitur tersebut bisa menjadi sumber trafik bagi akun bisnismu. Apalagi pengguna cenderung lebih mudah melihat Instagram Stories karena cara kerja Instagram yang otomatis menampilkan stories secara beruntun. Jadi cobalah untuk mengiklankan konten bisnismu secara berkala di Instagram Stories.

  1. Ukuran gambar Instagram

Format iklan di Instagram Ads membutuhkan gambar yang berbeda-beda ukurannya, berikut ukuran gambar yang sesuai untuk masing-masing format iklan:

  1. Single Image (Gambar Tunggal)

Ukuran gambar: 1,200 x 628 pixels

Ukuran Facebook dan Instgram Stories: 1,080 x 1,920 pixels

Rasio gambar: 9:16 atau 16:9 (potong jadi 1.91:1 jika da tautan)

  1. Carousel (Karosel)

Ukuran gambar: 1,080 x 1,080 pixels

Rasio gambar: 1:1 (persegi)

  1. Slideshow (Tanyangan Slide)

Ukuran gambar: 1,280 x 720 pixels

Rasio gambar: 1:1, 16:9, atau 2:3

Format video: .mov atau .mp4

  1. Single Video (Video Tunggal)

Format video: .mov, .mp4, dan .gif adalah yang paling ideal

Aspek rasio: 9:16 atau 16:9 (rasio idealnya tergantung pada penempatan iklan)

Resolusi: minimal 600 pixels width (pilih resolusi paling tinggi untuk ukuran file dan aspek rasio yang dipilih)

Ukuran file: maksimal 4GB

Durasi video (Instagram): 1 sampai 60 detik

Panjang video untuk Instagram dan Facebook: 1 sampai 15 detik

Menggunakan teknik yang telah dipaparkan tadi dapat membantu kamu dalam memasarkan produk di Instagram. Kini dengan banyaknya influencer dan figur publik yang aktif menggunakan Instagram membuat media sosial ini semakin ramai. Jika kamu baru saja menjalankan bisnis kamu, maka Instagram adalah pilihan yang tepat. Terutama bagi kamu pemilik bisnis yang menargetkan konsumen dari kalangan umur 18 sampai 34 tahun. Cara membuat Instagram Ads adalah langkah awal untuk menjangkau konsumen kamu. Setelah itu jangan lupa untuk mengiklankan produk kamu secara berkala dan konsisten, gunakan metode planning apapun yang paling mudah untuk kamu. Selamat beriklan di Instagram Ads!