Blog

Tiktok Sediakan Program Gratis untuk Mengembangkan UMKM

Tiktok Sediakan Program Gratis untuk Mengembangkan UMKM

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menjadi bagian yang tak kalah penting dalam peningkatan perekonomian negara. Semenjak pandemi, pelaku UMKM mengalami kesulitan penjualan dan penurunan omzet. Oleh karena itu, pemerintah merancang gerakan 100.000 UMKM go digital di 30 kota/kabupaten di Indonesia. Program ini diharapkan dapat memperluas pasar dan meningkatkan penjualan UMKM.

Program ini disambut baik oleh berbagai platform digital, salah satunya adalah TikTok for Business. Sebagai platform destinasi video singkat, Tiktok menyediakan fitur dan tools yang dapat dimanfaatkan oleh pelaku UMKM dari kategori apapun. Awal Juni 2020, TikTok telah memperkenalkan program Sabtu Belanja Lokal dan #MajuBarengTikTok. Jika kamu memiliki UMKM yang ingin dipasarkan secara online, maka program ini dapat membantu kamu. Mari simak ulasannya.

Program Sabtu Belanja Lokal

Melalui program Sabtu Belanja Lokal, UMKM Indonesia berkesempatan menunjukan kualitas dan manfaat produk ke penjuru dunia. Diresmikan pada tanggal 4 Juni 2021, program ini menawarkan beragam paket iklan berbayar sesuai dengan kapasitas jangkauan dan skala yang ingin dicapai.

Program ini mencakup fitur dan tools yang unik, seperti halaman khusus untuk meningkatkan website trafic dan akses untuk menjalin kerjasama dengan content creator. Banyak keuntungan yang didapatkan oleh UMKM jika mengikuti program ini, salah satunya adalah terpampang di website atau blog TikTok Indonesia. Program Sabtu Belanja Lokal hanya berlaku di bulan Juni, maka dari itu TikTok menampilkan In-Feed Ads untuk menangkap atensi pengguna agar segera bergabung dengan program ini. Bagi kamu yang tertarik, bisa mendaftarkan diri sekarang.

Program #MajuBarengTikTok

Program Maju Bareng TikTok diselenggarakan pada tanggal 3-29 Juni 2021. Program ini menawarkan rangkaian kelas online yang dapat diikuti oleh para pelaku bisnis di seluruh Indonesia, terutama pelaku UMKM. Head of SMB TikTok Indonesia, Pandu Nitiseputro menyatakan bahwa topik yang diangkat di kelas tersebut beragam. Mulai dari pemasaran digital, pembuatan konten kreatif, serta bagaimana mengoptimalkan fitur-fitur yang ada di TikTok for Business dalam menjangkau konsumen. Selain topik yang beragam, narasumber dari setiap topik pun memiliki latar belakang dan keahlian yang berbeda sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Kedua program di atas adalah kesempatan bagus untuk kamu yang sedang mengembangkan bisnis dan ingin menjangkau pasar yang lebih luas. Walaupun program tersebut tidak berlaku selamanya, TikTok akan tetap menyediakan fitur, tools, dan program yang mendukung pelaku bisnis. Layaknya slogan yang diterapkan oleh TikTok yakni, “Don’t Make Ads, Make TikTok”. Diharapkan dengan program yang disediakan TikTok dapat membantu UMKM untuk lebih berkembang.