Blog

Teknologi Apa Saja yang Membantu Saat Kemerdekaan Indonesia

Teknologi Apa Saja yang Membantu Saat Kemerdekaan Indonesia

Perkembangan-perkembangan teknologi di dunia ternyata tidak lepas dari adanya peristiwa revolusi industri. Revolusi industri ini tidaklah berdiri sendiri, melainkan sebuah proses yang bertahap. Revolusi industri awal atau disebut Industri 1.0 dimulai ketika ditemukannya mesin uap oleh James Watt.

Setelah itu mulai bermunculan teknologi-teknologi canggih yang digunakan untuk menandai kemajuan revolusi industri. Nah, ternyata saat meraih kemerdekaan Indonesia, para pahlawan terdahulu juga terbantu dengan kehadiran-kehadiran teknologi yang berkembang kala itu. Kira-kira apa saja sih teknologi yang membantu Indonesia meraih kemerdekaan bangsa ini?

Mesin Ketik

Mesin ketik adalah sebuah mesin berukuran kecil yang berfungsi dengan menggunakan listrik atau manual disertai tombol yang apabila diketik bisa menghasilkan huruf satu per satu di selembar kertas yang disisipkan pada roller mesin. Nah, mesin ketik yang ditemukan oleh Christopher Sholes, mesin ketik Amerika ini digunakan oleh Sayuti Melik untuk mengetikkan teks proklamasi kemerdekaan yang sebelumnya ditulis tangan oleh Soekarno.

2.      Telegram

Telegram adalah alat untuk mengirimkan pesan ke suatu jarak, biasanya dengan beberapa jenis tanda. Telegram zaman dahulu adalah sistem komunikasi yang banyak digunakan. Informasi ditransmisikan melalui kawat atau melalui serangkaian arus listrik, biasanya dalam bentuk kode Morse. Nah, sama-sama berfungsi sebagai alat komunikasi, namun “Telegram” kala itu dan hari ini berbeda bentuknya ya, dengan aplikasi yang banyak digunakan anak muda ini. Telegram menjadi media komunikasi yang turut membantu kemerdekaan Indonesia karena digunakan untuk mengirimkan beberapa berita kepada para pejuang kemerdekaan.

Telepon

Setelah kehadiran telegram yang dianggap cukup membantu perjuangan kemerdekaan bangsa ini, maka muncullah teknologi baru yang lebih canggih. Telepon yang ditemukan pada tahun 1880-an oleh Alexander Graham Bell ini berusaha menggabungkan teknologi transmisi audio perangkat akustik mekanis dengan transmisi daya listrik jarak jauh dari telegraf listrik. Kehadiran telepon di Indonesia pada tahun 1882, awalnya hanya menghubungkan antara Gambir dan Tanjung Priok selama kurang lebih 25 tahun. Hingga akhirnya sekitar tahun 1967, jaringan telepon mulai dikembangkan ke seluruh pelosok negeri.

Radio

Radio adalah media komunikasi suara yang ditransmisikan melalui gelombang dan menyiarkan musik, berita, dan jenis program lainnya dari stasiun penyiaran ke banyak pendengar. Sejak kelahirannya di awal abad ke-20, siaran radio membuat masyarakat bahagia karena bisa mendengarkan  berita dan hiburan yang tidak pernah diperkirakan sebelumnya. Nah, radio ini juga menjadi teknologi yang turut membantu kemerdekaan bangsa ini. Melalui radio, para pahlawan bisa mengumumkan proklamasi kemerdekaan kala itu.

Dari keempat contoh teknologi di atas menunjukkan kepada semua orang bahwa peran teknologi ternyata cukup besar bagi kesuksesan negara ini dalam meraih kemerdekaannya.  Jika ingin meraih kesuksesan pada bisnis layanan kesehatan, gunakan juga teknologi yang canggih! Inolabs adalah teknologi kekinian yang bisa membantu manajemen klinik, apotek atau rumah sakit Anda. Dengan Inolabs, maka Anda bisa meraih kesuksesan sesuai yang diimpikan.