Blog

Serunya Kerja di Open Space Office

Serunya Kerja di Open Space Office

Serunya Kerja di Open Space Office

 

Salah satu tujuan utama dalam bekerja di kantor berkonsep open space memang bisa meningkatkan kerja sama. Kantor model terbuka dapat membuat para karyawan untuk terdorong berkomunikasi dengan rekan kerja yang lain. Misalnya, jika ada karyawan baru, tim lama akan dengan mudah mengobrol dan bertanya perihal pekerjaannya.

Berdasarkan laporan bertajuk Work Space Design Variable and Their Impact Productivity, Loyality, and Engagement mengungkapkan, sebanyak 45% pekerja profesional merasa nyaman dan lebih memilih konsep open space dalam ruang kerja mereka di kantor.

Data yang dikumpulkan oleh konsultan rekrutmen global, Robert Walters itu mencatat generasi milenial (berkisar usia 20 tahun hingga 34 tahun), merupakan mayoritas tipe pekerja yang menyukai ruang kerja dengan interior konsep terbuka untuk memaksimalkan kinerja mereka.

Agar tujuan utama memaksimalkan produktivitas dan kreativitas pekerja bisa berjalan dengan baik dan benar, lebih lanjut menurut laporan itu diperlukan sebuah perencanaan yang matang ketika ingin merancang kantor dengan konsep open space. Konsep ruang kerja dengan rancangan open space juga dapat dipadukan dengan tren teknologi yang kini sedang berkembang pesat.

Selain dari segi artistik dan teknologi, penerapan konsep ruang kerja terbuka yang digunakan di kebanyakan perusahaan startup juga ternyata dimaksudkan untuk meningkatkan performa orang-orang yang bekerja di dalamnya. Salah satunya adalah dengan cara mempromosikan budaya kolaborasi.