Blog

Perkembangan teknologi visual hologram 2020

Perkembangan teknologi visual hologram 2020

Hologram merupakan tampilan dari perpaduan cahaya yang koheran dan dalam bentuk mikrospik, yang bertindak sebagai gudang informasi optik. Informasi-informasi optik tersebut kemudian akan membentuk gambar, pemandangan atau adegan dalam bentuk tiga dimensi (3D). Gambar 3 dimensi tersebut dapat dilihat sampai 360 derajat dan dapat bergerak dengan animasi dan suara, sehingga dapat menyampaikan informasi baik secara realtime maupun tidak. Teknologi ini menggunakan sistem proyeksi Holographic Laser Projection (HLP) dan sensor inframerah untuk membuat layar yang mendukung gerakan multi-touch. Layaknya layar Iphone, kamu dapat bermain game di atasnya, menonton video, melihat foto, dan melakukan browsing internet dengan jari-jarimu. Tapi tahukah kamu? Kini teknologi visual hologram telah berkembang dan lebih canggih dari sebelumnya.

Ingatkah kamu dengan salah satu scene film Black Panther? Saat orang-orang dari Kerajaan Wakanda berkomunikasi satu sama lain melalui hologram. Tampaknya hal itu akan segera menjadi kenyataan. Seperti yang dilansir pada laman Science Daily, bahwa baru-baru ini telah dikembangkan meta-hologram yang lebih tipis dan lebih ringan yang beroperasi lebih baik dari meta-hologram konvensional. Pemuan ini dilakukan oleh Junsuk Rho, profesor Departemen Teknik Mesin dan Kimia POSTECH, bersama mahasiswanya, Inki Kim. Pencapaian penelitian mereka telah diperkenalkan sebagai cerita sampul di Nanoscale Horizons edisi Januari 2020. Mereka mengatakan bahwa meta-hologram dirancang agar dapat mengirimkan berbagai informasi visual ke banyak pengguna dari lokasi berbeda secara bersamaan. Perkembangan baru ini dapat digunakan dalam berbagai aplikasi seperti hologram untuk pertunjukan, hiburan, pameran, mobil, dan lainnya.

Selain itu, laman Spectrum pun melansir bahwa fungsi hologram kini semakin beragam. Contohnya perusahaan Bosch yang telah menggunakan elemen holografik sebagai fitur utama teknologi dari produk Smartglasses Light Drive. Produk ini didukung oleh perangkat Augmented Reality (AR), yang menempatkan gambar digital pada objek nyata. Apakah kamu ingat kacamata milik Tony Stark dalam film Iron Man? Nah seperti itulah kira-kira bentuk dan fungsi dari kacamata pintar ini. Canggih bukan?

Tahun 2020 perkembangan hologram terbilang sangat pesat. Tidak bisa dipungkiri bahwa keberadaan hologram dapat membantu kegiatan setiap individu menjadi lebih mudah. Permintaan teknologi hologram pun kian meningkat dari berbagai sektor. Maka tidak heran jika setiap perusahaan teknologi berlomba untuk terus menciptakan produk yang inovatif dari teknologi visual hologram.