Blog

Perkembangan Teknologi Informasi di Bidang Kesehatan

Perkembangan Teknologi Informasi di Bidang Kesehatan

Teknologi informasi secara umum merupakan manajemen sistem informasi berbasis komputer dalam bentuk aplikasi hardware maupun software. Teknologi informasi sendiri bertujuan untuk memecahkan masalah, membuat, mengubah, mengomunikasikan suatu informasi secara efektif dan efisien. Seiring perkembangan zaman, kini teknologi informasi mengalami kemajuan yang sangat pesat. Beragam aktivitas dapat dihubungkan dengan teknologi informasi untuk membantu pekerjaan manusia. Saat ini, kemudahan mencari informasi, berita, dan jasa yang ditawarkan secara daring dapat diakses dengan mudah dan cepat.

Salah satu pemanfaatan perkembangan teknologi informasi dapat dilihat pada bidang kesehatan. Kemudahan untuk mencari informasi mengenai suatu masalah kesehatan, informasi terkait suatu apotek, klinik, maupun rumah sakit dapat ditemukan dengan mudah melalui suatu software atau aplikasi.

Kini telah hadir Inolabs yang menyediakan aplikasi informasi yang dapat membantu dalam bidang kesehatan. Inolabs sendiri merupakan badan usaha yang sudah berdiri sejak 20 September 2011. Inolabs berfokus pada pengembangan software atau perangkat lunak untuk apotek, klinik, hingga rumah sakit. Berikut penjelasan singkat mengenai produk dari Inolabs.

Inofarma sebagai Software Apotek

Inofarma merupakan salah satu sistem informasi manajemen apotek yang berbasis web, maupun aplikasi  yang dapat dijalankan pada berbagai OS (Operating System) hanya dengan melalui browser saja. Inofarma dapat diakses secara offline maupun online. Inofarma menawarkan beberapa fitur yang dapat membantu dan memberikan kemudahan untuk seluruh pekerjaan pada sebuah apotek. Fitur-fitur tersebut disesuaikan berdasarkan paket yang tersedia dan kebutuhan, serta budget Anda.

Tersedia versi gratis untuk fitur terbatas, ada pula sewa bulanan untuk mendapatkan fitur dan layanan yang lebih lengkap lagi. Jika Anda membeli paket lengkap tersedia beragam fitur mulai dari data master, inventory, transaksi, laporan, hingga akuntansi.

Inoklinik sebagai Software Klinik

Jika sebelumnya Inofarma dikhususkan untuk software apotek, ada pula Inoklinik yang merupakan manajemen berbasis web untuk klinik. Inoklinik dapat diakses secara offline maupun online. Terdapat tambahan fitur yang disediakan dalam Inoklinik.

Fitur-fitur tambahan pada Inoklinik adalah dashboard, kategori pasien, form pendaftaran, demografi pasien, rawat jalan, rawat inap, data pasien, history rekam medis pasien, home care, billing, dan masih banyak lagi. Sedangkan untuk, akuntansi Inoklinik masih dalam pengembangan.

Inohospital sebagai Sistem Infomasi Manajemen Rumah Sakit

Fitur pada aplikasi Inohospital lebih kompleks dari pada aplikasi Inofarma maupun Inoklinik. Aplikasi Inohospital diharapkan mampu membantu dan menjadi solusi untuk pelaksanaan bisnis rumah sakit secara profesional. Sistem manajerial rumah sakit pun dapat dikelola melalui aplikasi Inohospital yang mendukung pelaksanaan akreditasi JCI.

Aplikasi Inohospital memiliki tujuan untuk menjadi software yang dapat meningkatkan pelayanan kesehatan di sebuah rumah sakit. Aplikasi Inohospital menyediakan fitur mulai dari pelayanan rawat jalan, rawat inap, instalasi gawat darurat, instalasi bedah, instalasi farmasi, rekam medis, unit gizi, sampai manajemen akuntansi keuangan rumah sakit.

Berdasarkan pemaparan di atas, tidak mengherankan jika produk-produk Inolabs Indonesia dapat dikatakan sejalan dengan perkembangan teknologi informasi di bidang kesehatan. Hadirnya aplikasi manajerial ini akan membuat pekerjaan lebih ekfektif dan efisien sehingga masyarakat dapat merasakan pelayanan yang memuaskan.