Blog

Perbedaan Hosting dan Domain

Perbedaan Hosting dan Domain

Hosting dan domain merupakan dua hal yang saling berhubungan di dalam suatu website. Sehingga kita memerlukan keduanya untuk dapat memaksimalkan fungsi website dengan baik dan benar. Ibarat  sebuah tempat yang tidak kamu ketahui alamatnya, maka kamu tidak akan bisa sampai ke sana. Seperti halnya hosting yang diibaratkan rumah bagi website dan domain sebagai alamat untuk menuju website tersebut.

Hosting merupakan sebuah ruang penyimpanan data yang sangat besar atau bisa disebut juga sebagai file pada komputer. Bentuk fisik dari hosting ini seringkali disebut dengan server. Beberapa server fungsinya mirip seperti PC biasa, antara lain seperti prosesor, RAM, hard disk, dan sebagainya. Server hosting tersebut akan terhubung dengan pusat jaringan internet dari seluruh dunia.

Sedangkan domain merupakan nama singkat yang terletak di bagian akhir alamat situs. Domain berfungsi memberikan pengarahan untuk menuju ke alamat server hosting atau IP address, pengolahan nama domain sendiri berada di bawah pengaturan instansi regulasi domain global atau ICANN (Internet Corporation for Assigned Names and Numbers). Berikut adalah perbedaan di antara keduanya;

Fungsi

Hosting dan domain memiliki fungsi yang sangat berbeda. Hosting berfungsi sebagai pusat penyimpan data yang dapat terkoneksi secara luas antar perangkat pada komputer maupun pada situs web. Sedangkan domain berfungsi untuk mempermudah akses suatu situs yang mengarahkan perangkat ke alamat IP address yang dituju. Adanya domain membantu perangkat agar dapat terhubung pada alamat server hosting. Meskipun keduanya berbeda, tetapi fungsinya memiliki kaitan yang sangat erat.

Bentuk

Hosting memiliki dua bentuk berbeda. Bentuk fisik hosting yang dapat dilihat dengan kasat mata adalah hosting pada komputer biasa, seperti hard disk, RAM, prosesor, dan sebagainya. Sedangkan hosting pada sebuah situs web berbentuk tak kasat mata dan jauh lebih besar kapasitasnya. Bentuk domain jelas berbeda dengan hosting, yaitu berupa URL tulisan yang berada di belakang nama sebuat situs tertentu, seperti .com, .id, .ac.id, dan sebagainya.

Pengembangan Server Hosting

Hosting dan domain akan saling mempengaruhi, tergantung proses pengembangan keduanya. Ketika kamu menggunakan domain yang cukup bagus seperti .com atau .co.id, maka jaringan komputer yang terhubung ke server hosting akan lebih banyak. Artinya, situs kamu akan ramai dikunjungi oleh para pembaca. Tetapi perhatikan pula kapasitas ruang simpan, karena hal itu akan mempengaruhi kecepatan server hosting. Artinya, lebih baik jika kapasitas hosting cukup besar agar domain dapat dengan mudah diakses.

Setelah menjabarkan perbedaan keduanya, maka kamu pasti tau harus memakai hosting dan domain yang seperti apa untuk situsmu. Pilih dan gunakan yang sesuai dengan karakteristik website kamu, ya!