Blog

Peran Teknologi Terhadap Perubahan Lingkungan

Peran Teknologi Terhadap Perubahan Lingkungan

Teknologi di masa modern telah berperan penting bagi manusia dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Tidak bisa dipungkiri bahwa kecanggihan perkembangannya telah membuat kita terlena hingga lupa dampak negatif yang ia berikan kepada lingkungan sekitar. Untuk memperingati Hari Bumi pada tanggal 22 April, alangkah baiknya jika kita lebih aware terhadap lingkungan yang kita tempati. Tidak hanya merasakan kenyamanan dari ‘bantuan’ teknologi, kita pun harus mampu bertanggung jawab atas dampak negatif dari teknologi yang kita gunakan. Dampak negatif yang ditimbulkan dapat berupa kerusakan ekosistem yang mengganggu makhluk hidup di area tersebut. Keseimbangan ekosistem akan rusak jika tidak mengantisipasi pencemaran lingkungan serta pemanfaatan dan pengerukan sumber daya alam yang berlebihan. Lalu bagaimana seharusnya peran teknologi terhadap lingkungan sekitar?

Tentu saja dengan penggunaan teknologi yang baik dan benar. Manfaatkan teknologi informasi dengan mencari cara proses penghijauan, bagaimana cara menanam dan memelihara tanaman tertentu. Lalu gunakan teknologi mesin untuk menggali tanah dan membuat pupuk, serta teknologi komunikasi untuk membagikan dan mengajak orang lain agar dapat turut serta melakukan penghijauan di lingkungan masing-masing.

Sangat berbahaya jika teknologi hanya dimanfaat tanpa mempertanggungjawabkan dampak buruknya. Berikut beberapa kasus yang terjadi akibat pemakaian teknologi secara berlebihan:

  1. Pencemaran air dan kerusakan ekosistem laut yang diakibatkan oleh pembuangan limbah tanpa proses netralisasi.
  2. Kerusakan lahan di daerah penambangan yang dilakukan secara berlebihan, terutama jika tidak ada reklamasi pascatambang di lahan tersebut.
  3. Pencemaran udara di area tertentu, khususnya perkotaan, akibat pemakaian kendaraan bermotor dan industri yang menghasilkan emisi gas buang yang buruk.
  4. Keseimbangan ekosistem yang terganggu akibat penggunaan peptisida terus menerus, mulai dari pencemaran air, hewan yang teracuni, dan kerusakan struktur tanah.

Seiring berjalannya waktu, beragam jenis dan manfaat teknologi yang kerap dirasakan dapat merusak bumi di kemudian hari. Maka, sudah saatnya kita ikut andil merawat dan memeliharanya dengan baik. Mari kita cegah dengan mulai menggunakan teknologi untuk kepentingan lingkungan dan berani bertanggung jawab mengatasi dampak buruknya.