Blog

Peran Platform Musik Digital bagi Musisi Indonesia di Masa Pandemi

Peran Platform Musik Digital bagi Musisi Indonesia di Masa Pandemi

Kini platform digital sangat dibutuhkan oleh penikmat musik, khususnya di saat pandemi seperti sekarang. Adanya platform digital membuat musik mudah untuk dikonsumsi oleh masyarakat di kalangan manapun. Bayangkan jika tidak ada platform digital yang bisa kita pakai untuk menikmati musik, tentu akan sulit karena kita harus memiliki pemutar musik atau MP3 player. Sedangkan dengan digital platform, kita dapat mendengarkannya melalui smartphone yang kita miliki.

Hal itu dirasakan pula oleh para musisi di Indonesia. Peran platform digital memiliki pengaruh besar bagi kesuksesan karir mereka. Semenjak pandemi, beberapa pekerjaan tidak berjalan dengan baik, termasuk sumber pendapatan para musisi yang kian menurun. Namun, hadirnya platform musik digital membantu musisi untuk tetap berkarya dan mendapat penghasilan dari karya-karyanya. Lalu apa saja, sih, peran penting platform digital bagi para musisi? Berikut penjelasannya.

  1. Sebagai alternatif sumber penghasilan

Konser atau acara musik terpaksa dihentikan sejak setahun lalu. Keadaan ini membuat para musisi tidak bisa tampil sekaligus mendapatkan ‘bagiannya’. Memanfaatkan platform digital menjadi salah satu cara ampuh untuk mendukung pendapatan mereka. Walaupun suasananya berbeda dengan menonton konser secara langsung, tapi setidaknya ini menjadi solusi efektif bagi para penikmat musik dan musisi.

  1. Sebagai tempat berkarya secara bebas

Banyak platform musik digital yang dibuka untuk umum, seperti Soundcloud, YouTube, dan lain sebagainya. Ini menjadi kesempatan emas bagi siapapun yang ingin menunjukkan bakat bermusik. Besar kemungkinan untuk menjadi musisi terkenal jika musik yang dibagikan dapat diterima oleh masyarakat.

Musisi pun tidak perlu menjalankan proses panjang untuk meriliskan karya terbaru. Cukup mengunggahnya di platform musik digital jika telah memenuhi syarat dan ketentuan yang tertera. Kini tidak ada batasan bagi mereka yang ingin bermusik asal tetap tekun dan percaya pada kemampuan diri.

  1. Sebagai tempat berinteraksi antara musisi dan pendengarnya

Penting bagi musisi untuk terus menjalin hubungan baik dengan penggemarnya. Namun, dengan konser yang dihentikan akibat pandemi membuat hubungan keduanya renggang.  Oleh karena itu, banyak musisi yang memanfaatkan platform digital baik media sosial maupun platform musik digital untuk tetap eksis menghadirkan musik-musik yang dinantikan oleh penggemarnya.

Ini juga menjadi kesempatan bagi musisi yang ingin memperluas target pendengarnya. Ia dapat melakukan pemasaran dengan konsisten membagikan konten musik di platform digital. Jadi walaupun tidak mengadakan konser, pendengar musikmu akan tetap ada dan bisa saja semakin bertambah setiap harinya.

Terlihat jelas bahwa peran platform musik digital semakin penting bagi kehidupan para musisi. Tidak sedikit yang telah membuat acara musik pribadi di platform streaming musik untuk menyapa para penggemar atau berkolaborasi dengan musisi lain. Semoga di Hari Musik Sedunia (World Music Day) yang dirayakan setiap tanggal 21 Juni, membuat para musisi tidak berhenti berkarya bagaimanapun keadaannya dan kita sebagai penikmat musik, tetap mendengarkan musik-musik dari berbagai genre dan jaman.