Blog

Peran Penting Cyber Security

Peran Penting Cyber Security

Perkembangan teknologi informasi kini telah berkembang sangat pesat. Terlihat dari jumlah perusahaan berbasis digital atau start up dan e-commerse yang semakin meningkat. Peran cyber security pun menjadi kunci penting bagi perusahaan digital. Mengingat sistem operasional perusahaan digital selalu berkaitan dengan perangkat elektronik yang saling terkoneksi ditambah dengan adanya cloud computing dan big data. Namun pengertian cyber security? Apakah sepenting itu?

 

Cyber security merupakan teknologi yang dapat melindungi jaringan, komputer, program, dan data dari serangan, kerusakan, maupun akses tidak sah. Secara umum dikenal sebagai upaya untuk melindungi informasi dari serangan para hacker yang tidak bertanggung jawab (cyber attack). Sehingga aman dari tindakan yang dapat mengganggu kerahasiaan, integritas, dan ketersedian informasi suatu perusahaan.

Cyber security menjadi faktor penting dalam menilai kemampuan perusahaan untuk mengamankan data-data penting miliknya. Perusahaan yang terkena dampak cyber attack akan kehilangan aset, reputasi dan bisnis, dan menghadapi denda dan biaya remediasi. Oleh karena itu penting bagi perusahaan untuk memperhatikan cyber security.

Peran cyber security

  1. Mengamankan perusahaan dari cyber attack

Cyber security berperan untuk melindungi sistem dari peretasan yang dilakukan oleh hacker yang tidak bertanggung jawab, seperti:

  1. Denial of service, yaitu serangan yang merusak jaringan, memanipulasi sistem, dan aplikasi, sehingga dapat menguras daya dan memperlambat kinerja.
  2. Scareware, yaitu serangan berupa peringatan keamanan palsu yang dapat menjebak korban untuk melakukan tindakan yang berbahaya, baik secara finansial maupun moral.
  3. Ransomware, yaitu serangan yang mengunci file-file yang ada di dalam perangkat elektronik. Untuk membukanya, pelaku akan meminta sejumlah uang dengan nominal yang telah ia tentukan.
  1. Menjamin atas perlindungan data perusahaan

Cyber attack tentu akan sangat berbahaya jika mengganggu data-data rahasia milik perusahaan. Data yang diambil bisa saja dijual, disebar, atau dihilangkan dengan menggunakan program berbahaya, seperti:

  1. Malware, yaitu program berbahaya yang sengaja disisipkan ke dalam perangkat elektroknik. Salah satunya adalah virus yang tersebar melalui email dan website yang mencurigakan.
  2. Pishing, yaitu penipuan melalui email yang dapat mengambil data-data pribadi di dalam email pengguna, termasuk data dari email yang dikirim dari orang lain.
  3. Social engineering, yaitu penyerangan yang memfokuskan untuk menipu korban agar masuk ke dalam perangkap pelaku, akibatnya data-data bisa ia dapatkan.
  1. Menjaga reputasi perusahaan

Menerapkan cyber security untuk melindungi data perusahaan termasuk data partner bisnis dan para konsumen sangatlah penting. Adanya jaminan keamanan di dalam suatu perusahaan, akan meningkatkan kepercayaan para pebisnis, konsumen, bahkan para investor. Mereka tidak perlu khawatir kehilangan privasi atau informasi pribadi. Perusahaan pun akan lebih terlihat profesional dan tidak perlu khawatir dengan biaya tambahan.

Kesimpulan

Setelah mengetahui peran cyber security, tentu kita akan lebih mempertimbangkannya untuk keamanan perusahaan. Khususnya bagi kamu yang memiliki bisnis digital. Apabila perusahaan kamu mengalami cyber attack, maka upgrade sistem keamanan perusahaan agar ke depannya tidak terjadi hal serupa. Jangan gunakan sistem penyimpanan online untuk backup data, menambahkan sertifikat SSL, serta jangan lupa untuk menyewa server handal agar traffic negatif yang didistribusikan oleh pelaku kejahatan dapat diketahui lebih mudah. Tetap jaga keamanan dengan baik, ya!