Blog

Manajemen SDM & Optimasi Pelayanan Klinik

Manajemen SDM & Optimasi Pelayanan Klinik

Industri jasa pelayanan kesehatan semakin hari semakin berkembang pesat, masing masing berlomba lomba untuk melakukan pelayanan terbaik, dan salah satu penilaian yg paling tampak ialah penilaian mengenai pelayanan kepada pasien/pengunjung yang diberikan oleh SDM di dalam klinik. Percaya atau tidak pasien akan mengingat  siapa tenaga medis yang telah memberi pelayanan kepadanya pada hari itu. Jika pasien hari itu merasa diberikan pelayanan yang baik maka bukan menjadi sebuah masalah, tetapi sebaliknya jika hari itu ia merasa diberikan pelayanan yang buruk, maka akan menjadi masalah untuk klinik anda.

SDM adalah asset utama dalam sebuah klinik, dalam sebuah klinik SDM dibedakan menjadi beberapa bagian yaitu SDM Medis, SDM Kesehatan & SDM Non Kesehatan, tentunya semuanya memiliki peran yang penting di dalam penyelenggaraan pelayanan kesehatan. Oleh karena itu di dalam sebuah klinik penting adanya manajemen SDM yang baik. Dan salah satu hal penting yang harus diterapkan dalam manajemen SDM ialah mengenai pencatatan aktivitas pekerjaan yang dilakukan oleh SDM di dalam klinik.

Salah satu  pencatatan aktivitas yang punya pengaruh penting dalam hal layanan pelanggan adalah data shift jam kerja karyawan. Mengingat jika klinik Anda punya pelanggan loyal, maka sangat memungkinkan jika mereka menginginkan untuk ditangani oleh tenaga tertentu sesuai dengan shift jam kerja mereka.

Selain itu, dengan adanya pencatatan aktivitas pekerjaan SDM, maka pengawasan & evaluasi akan mudah dilakukan oleh manajemen. Dengan menggunakan software inoklinik manajemen akan dimudahkan dalam memantau pencatatan aktivitas pekerjaan SDM. Karena software inoklinik akan menampilkan secara rinci aktivitas pekerjaan yang sudah dilakukan oleh SDM.