Blog

Kenali Kecanggihan Teknologi 5G

Kenali Kecanggihan Teknologi 5G

Kenali Kecanggihan Teknologi 5G

 

Meskipun belum banyak diaplikasikan ke publik, jaringan 5G sedang populer. Teknologi ini dilekatkan pada sejumlah ponsel premium keluaran pabrikan ponsel dunia di ajang Mobil World Congress 2019.

Kelanjutan pengembangan teknologi internet 5G sempat terdampak memanasnya pertikaian perdagangan dan antara Amerika Serikat dan Tiongkok. Pemerintah AS telah memasukkan produsen ponsel asal Tiongkok yakni Huawei ke dalam daftar hitam (blacklist) produk yang tidak bisa masuk ke negara tersebut.

Meski belum dapat dibuktikan, teknologi 5G dipercaya memiliki banyak keunggulan:

Transfer Data Super Cepat

5G dipercaya punya kecepatan transfer data 800 gigabyte per detik (Gbps). Adapun penelitian pada 4G hanya mampu memindahkan data dengan kecepatan 100 megabyte (MB) hingga 1 gigabyte (GB) per detik. Berikut rincian keunggulan teknologi 5G:

Koneksi Ngebut

Jaringan 5G juga akan mengurangi menjadi nol latensi (jeda waktu) antara perangkat dan server. Jaringan saat ini memerlukan sepersekian detik untuk mengirim dan menerima komunikasi antara perangkat dan jaringan. 

Akses Ke Cloud Lebih Mudah

Jaringan 5G juga dapat bertindak seperti server cloud, yang melakukan banyak komputasi dan penyimpanan yang dilakukan sendiri. Ini berpotensi menghemat banyak daya dan ruang dalam perangkat.

Demikian tiga keunggulan utama teknologi 5G. Apa Anda juga ikutan tidak sabar untuk menunggu teknologi ini hadir di Indonesia?