Blog

Kemudahan Reporting terhadap Aktivitas Klinik Melalui Aplikasi Inoklinik

Kemudahan Reporting terhadap Aktivitas Klinik Melalui Aplikasi Inoklinik

Report atau reporting (pelaporan) merupakan bentuk tanggung jawab dalam fungsi manajemen. Sebuah pelaporan biasanya berisi mengenai penyampaian perkembangan hasil kegiatan atau segala aktivitas dalam periode tertentu kepada pejabat yang lebih tinggi.

Laporan harus didukung dengan data lengkap sesuai fakta yang ditemukan. Hal itu berfungsi agar data yang disampaikan mudah dipahami dan dapat dipercaya. Pada prosesnya sebuah laporan tidak akan pernah lepas dari pencatatan. Hasil pecatatan akan disusun secara rapi hingga akhirnya dapat dilakukan pelaporan.

Dalam dunia kesehatan pelaporan merupakan kegiatan mencatat berbagai alat atau media mengenai data kesehatan yang diperlukan. Selain itu, pelaporan juga merupakan aktivitas administrasi yang harus dipertanggungjawabkan oleh petugas kesehatan, serta kumpulan informasi kegiatan selama pelayanan kesehatan. Berdasarkan hal tersebut, berikut ini beberapa tujuan sebuah pelaporan.

Komunikasi

Sebuah reporting berperan sebagai sarana komunikasi yang sangat efektif dan efisien antar petugas kesehatan. Saat sebuah komunikasi dapat dibangun dengan lancar melalui laporan tersebut, maka akan tercapai sebuah pelayanan kesehatan yang baik.

Pendidikan

Sebuah laporan dapat juga berfungsi sebagai ilmu pengetahuan mengenai gambaran berbagai penyakit maupun masalah kesehatan, beserta pemecahannya.

Pengalokasian Dana

Laporan dapat digunakan sebagai perencanaan penyusunan dana untuk merencanakan suatu kegiatan atau tindakan.

Evaluasi

Berdasarkan laporan yang telah disusun, dapat menjadi sebuah evaluasi secara berkala agar dapat memperbaiki sesuatu yang kurang untuk periode kedepannya.

Dokumen yang Sah

Laporan bisa dijadikan sebagai bukti nyata atau legal yang dapat digunakan sewaktu-waktu jika terjadi permasalahan yang berhubungan dengan masalah hukum.

Jaminan Mutu

Melalui laporan dapat memberikan keyakinan dan kepercayaan dari masyarakat mengenai pelayanan kesehatan yang diberikan.

Penelitian

Laporan juga bisa menjadi sumber informasi untuk penelitian atau riset yang dilakukan.

Analisis

Sebagai sumber informasi analisa data mengenai riwayat kesehatan setiap pasien baik secara individu, keluarga, maupun masyarakat.

Feed Back

Berfungsi sebagai umpan balik untuk meningkatkan mutu layanan kesehatan.

Kegiatan perekapan laporan aktivitas dalam sebuah klinik, kini sudah mulai beralih dari cara konvensional menuju cara digital. Seiring perkembangan teknologi, para petugas dalam bidang kesehatan mulai mempelajari cara kerja digital untuk membantu beragam pekerjaan agar lebih cepat dan efisien.

Salah satu software yang dapat memberikan kemudahan dalam urusan pelaporan beragam aktivitas pada sebuah klinik adalan aplikasi Inoklinik. Aplikasi ini akan terintegrasi langsung dengan kebutuhan-kebutuhan dan pemantauan aktivitas klinik. Beragam kemudahan banyak ditawarkan melalui fitur-fitur yang tersedia dalam aplikasi Inoklinik. Mulai dari kemudahan form pendaftaran pasien, rekapitulasi rekam medis pasien, status ketersedian obat, billing, dan masih banyak lagi. Kemudahan-kemudahan tersebut sangat berpengaruh dalam hal laporan atau report, serta mengawasi aktivitas-aktivitas klinik secara real time.

Jika dahulu para petugas medis perlu menyusun laporan berdasarkan berkas-berkas tertulis secara manual dan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menyusunnya. Kini, melalui satu aplikasi bernama Inoklinik, pelaporan suatu aktivitas klinik dapat dijangkau kapan dan di mana saja.