Blog

Hati-Hati, Rumah Sakit Bisa Bangkrut Karena Hal Ini

Hati-Hati, Rumah Sakit Bisa Bangkrut Karena Hal Ini

Hati-Hati, Rumah Sakit Bisa Bangkrut Karena Hal Ini

 

Industri kesehatan seperti Rumah Sakit telah menjadi sarana primer dalam memenuhi kebutuhan masyarakat. Banyak rumah sakit berlomba-lomba memberikan layanan prima untuk meyakinkan pasien mengenai keunggulan Rumah Sakit tersebut untuk berkontribusi dalam kesehatan masyarakat umum. Sayangnya ada  berbagai latar belakang yang dapat menghambat jalannya operasional Rumah Sakit bahkan hingga menyebabkan kebangkrutan.

Proses Reakreditasi yang Terabaikan

Jangan anggap remeh proses reakreditasi rumah sakit. Legalitas ini memberikan dukungan yang kuat bagi rumah sakit untuk mengajukan klaim asuransi dari pihak pasien. Jika dokumen reakreditasi tidak diperbarui secara berkala, pihak asuransi cenderung akan menghambat proses klaim yang diajukan.

Efisiensi Manajemen SDM

Tonjolkan peran SDM yang benar-benar dibutuhkan pasien dan masyarakat berdasar lokasi keberadaan rumah sakit. Jangan sampai jumlah SDM yang terlalu banyak menjadi kurang fungsional dan menjadi beban operasional Rumah Sakit.

Kurang Aktivitas Pemasaran

Meski kesehatan menjadi kebutuhan masyarakat, bukan berarti Rumah Sakit otomatis akan selalu laku. Apalagi jika persaingan begitu ketat, maka setiap usaha Rumah Sakit harus senantiasa melalkukan aktivitas pemasaran yang menonjolkan layanan optimal, properti yang menunjang maupun fasilitas yang memadai.