Blog

Efisiensi Chatbot Untuk Apotek

Efisiensi Chatbot Untuk Apotek

Bisnis Apotek Makin Efisien dengan Chatbot, Caranya?

 

Tuntutan untuk membuat sebuahh bisnis tetap memiliki performa bagus adalah dengan mengikuti tren online, tak terkecuali bisnis Apotek. Salah satu kendala yang kerap dialami pelaku bisnis Apotek saat memberikan fasilitas layanan online adalah menjawab pertanyaan-pertanyaan mendasar dari pasien. Proses ini dinilai menghabiskan waktu yang cukup besar karena sudah menjadi budaya masyarakat. Persoalan lain yang kerap dialami adalah pengecekan produk yang tersedia.

Dengan chatbot, semua pertanyaan tersebut bisa dijawab secara otomatis. Chatbot memungkinkan proses berjalan sesuai dengan kebutuhan atau dikustomisasi dalam template. Dukungan chatbot diklaim bisa membantu proses penjualan dan performa Apotek hingga 80%. Secara rinci, berikut fitur chatbot yang dapat meningkatkan efisiensi bisnis Apotek:

Lebih Cepat Berinteraksi dengan Pasien

Ketika pasien ingin menanyakan sesuatu hal lewat fitur online yang disediakan pihak Apotek, maka robot ini bisa menjawab pertanyaan yang diajukan dengan cepat tanpa bertele-tele. Ini pastinya akan sangat disenangi oleh pasien juga. Selanjutnya adalah jika menggunakan manusia di dalam urusan customer service seperti ini, terkadang ada kendala yang bisa didapatkan seiring pengoperasian, khususnya jam kerja. Namun tidak dengan chatbot karena teknologi ini tidak akan pernah tidur layaknya manusia sehingga kapan dan jam berapapun ada pertanyaan, maka bisa segera dijawab.

Sebagai Alat Riset Pasar

Chatbot dapat menjadi alat yang tepat untuk mengumpulkan segala bentuk informasi dari pasien. Hal baiknya adalah saat sebuah bisnis Apotek melakukan riset pasar, pasien tidak merasa direpotkan dengan menjawab survey yang bisa memakan waktu yang lama. Bukan hanya mencari tahu tentang apa yang pasien  ingin beli, tapi juga alasan mengapa mereka ingin membelinya. Pada akhirnya, pebisnis Apotek dapat mengetahui pola konsumen dalam membeli produk.

Meningkatkan Prospek Bisnis

Mengelola prospek bisnis apotek dapat menjadi hal yang kompleks, karena ada banyak hal yang harus dilakukan. Kenapa tidak serahkan saja semuanya kepada chatbot? Dengan chatbot, apotek dapat membuat beberapa pertanyaan dan mengetahui customer journey di dalam siklus penjualan. Di samping itu, chatbot dapat mempersonalisasi cara apotek mengumpulkan informasi dengan lebih efisien tanpa harus memberikan berlembar-lembar form pertanyaan.

Mempromosikan Produk

Ini adalah hal yang menarik dari sebuah chatbot. Apotek dapat membuat chatbot untuk membantu bisnisnya memasarkan produk dengan mudah. Chatbot jenis ini dapat berinteraksi langsung dengan konsumen untuk membantu mereka menemukan produk yang dicari hingga membuat mereka ingin membelinya. Lebih jauh lagi, apotek juga dapat menjalankan loyalty program hanya dengan menggunakan chatbot.