Blog

Digital Marketing sebagai Potensi Bisnis yang Menjanjikan

Digital Marketing sebagai Potensi Bisnis yang Menjanjikan

Saat ini peningkatan kecerdasan teknologi informasi telah berhasil mengubah gaya hidup masyarakat luas. Pengadaan internet serta fitur-fitur media, memudahkan penyebaran informasi lebih cepat dan luas. Hal ini berdampak pada bidang bisnis. Sehingga pelaku bisnis mulai mempelajari skema baru terhadap digital marketing. Secara singkat digital marketing merupakan salah satu upaya pemasaran dengan menggunakan perangkat elektronik/internet. Cara-cara marketing melalui beberapa media digital bisa meningkatkan interaksi antara penjual dan pembeli secara efektif dan efisien. Perubahan dalam dunia pemasaran ini menjadi tantangan bagi para pengusaha, sehingga diperlukan sebuah strategi terbaru karena dunia internet yang bersifat dinamis.

Search Engine Optimization (SEO)

SEO digunakan untuk memberikan rangking tinggi bisnis di dalam search engine. Hal ini tentunya memberikan kemudahan customer untuk menemukan bisnis kita.  SEO biasanya dioptimalkan dengan bekerjanya algoritma Google. Adanya indikator yang perlu diperhatikan seperti halnya menyusun struktur URL yang sederhana tapi mudah diingat, penggunaan SSL/TSL, dan topik konten website yang harus diisi dengan artikel-artikel, sesuai dengan bidang bisnis Anda.  

Penjualan Melalui Marketplace

Pandemi yang terjadi dalam beberapa bulan terakhir ini, membuat pasar berbasis online memasuki pertumbuhan yang signifikan. Baik dalam penambahan user atau penjualan produk. Hal ini mempermudah customer dan pelaku bisnis karena tidak perlu melakukan transaksi secara langsung. Sebagai penjual tidak perlu mengkhawatirkan akan kehilangan customer karena ada jutaan orang yang dapat mengakses marketplace dengan mudah. Maka dari itu, perlu menambahkan informasi secara detail pada produk yang dipasarkan untuk meningkatkan kepercayaan calon customer.

Konten Marketing

Semakin kreatif konten tersebut maka semakin diingat oleh customer. Konten marketing ini merupakan seni dalam penulisan, pembuatan visual yang menarik, dan disertai adanya video singkat. Konten digital ini bisa diperlihatkan dalam platform yang sudah disediakan, biasanya bisa  pada media sosial, website, blog, dan search engine.

Media Sosial Marketing

Tidak heran jika media sosial menjadi salah satu strategi digital marketing yang patut diperhitungkan. Media sosial saat ini sudah seperti kebutuhan sehari-hari bagi masyarakat, mereka bisa membuka puluhan kali dalam sehari untuk melakukan interaksi. Anda bisa menggunakan media sosial Instagram, Twitter, Facebook dan lain sebagainya.

Pay-Per-Click (PPC)

Pay-per-click merupakan iklan internet yang dengan sekali klik maka akan mengarahkan pada traffic website. Hal ini dilakukan secara berbayar kepada penerbit iklan. Biasanya iklan tersebut akan hadir di search engine, website atau platform media sosial. PPC dapat menargetkan  calon konsumen secara spesifik karena adanya kriteria khusus saat melakukan pendaftaran iklan.

Perlu diingat dalam membentuk strategi digital marketing banyak variabel yang akan memengaruhi bidang bisnis yang akan ditekuni. Internet yang bersifat dinamis akan memberikan grafik baru setiap harinya. Contohnya adalah competitor yang bisa menonjolkan digital marketing dan informasi yang diserap oleh customer.