Blog

Asik Ga Sih Pakai E-Sim? (Kemudahan memakai eSIM)

Asik Ga Sih Pakai E-Sim? (Kemudahan memakai eSIM)

Dunia telekomunikasi memberikan inovasi terbaru bagi Anda yang relatif sering berganti simcard. Kini tidak perlu repot-repot lagi melakukan hal itu, karena Anda sudah bisa memakai eSIM (emedded SIM). E-SIM adalah model simcard yang berbentuk cip dan ditanam di dalam perangkat smartphone. Dapat dilakukan hanya dengan mendaftarkan eSIM  di situ atau aplikasi operator, lantas Anda dapat langsung memilih nomor dan paket data. Tentu hal ini menyenangkan bagi Anda yang hobi keluar negeri, Anda tidak perlu lagi mengganti SIM fisik yang ada di smartphone Anda.

Mengaktifkan eSIM juga sangat mudah, hanya dengan memindai kode QR yang tertera di situs atau dikirimkan ke masing-masing email pengguna. Fitur yang ditawarkan oleh eSIM tidak sampai di situ saja,  pengguna dapat memakainya di beberapa perangkat  smartphone. Para produsen pun akan merasakan keuntungan yang menggiurkan jika ikut mendistribusikan eSIM, yaitu berkurangnya biaya produksi. Tercatat bahwa SIMcard pada umumnya dapat menghabiskan biaya produksi yang lumayan tinggi, yaitu sekitar Rp. 15.000.

Hampir 5000 pengguna di Indonesia sudah mendaftarkan diri untuk beralih memakai eSIM. Smartfren merupakan operator pertama yang telah menerapkan fitur ini. Diperkirakan bahwa Telkomsel pun sudah mempersiapkan fitur eSIM agar dapat dipakai oleh pelanggannya dalam waktu dekat. Berikut beberapa perangkat yang sudah mendukung  penggunaan eSIM: iPhone XR, XS, XS Max, 11, 11 Pro, dan 11 Pro Max; Google Pixel 2, 3, 3A, dan 4; Samsung Galaxy Fold dan Motorola Razr.

Kemudahan yang ditawarkan eSIM sudah dapat dinikmati, antara lain:

Smartphone yang lebih tangguh - eSIM yang sudah tertanam dalam smartphone tentu menjadi nilai tambah, karena smartphone Anda tidak perlu memiliki slot untuk memasukkan simcard berbentuk fisik. Jadi, tidak perlu khawatir terdapat air ataupun debu yang masuk motherboard smartphone.

Kemudahan saat keluar negeri - Seperti yang telah disinggung sebelumnya, bahwa Anda tidak perlu mengganti nomor jika menggunakan eSIM. Selain itu eSIM juga dapat menyimpan beberapa nomor dalam satu smartphone, bahkan di perangkat iphone 11 Anda bisa menggunakan nomor lebih dari 10 (sepuluh)

Paket data lebih murah bagi operator - Biaya produksi simcard fisik akan berkurang seiring dengan banyaknya pengguna yang beralih memakai eSIM. Jika kondisi tersebut terealisasi, maka operator akan menawarkan paket data yang lebih murah bagi pengguna.

Walaupun eSIM telah memberikan kemudahan dan keuntungan yang terbilang tinggi, tetapi kendala yang dirasakan pun tetap ada. Tidak semua perangkat smartphone sudah siap menerapkan fitur eSIM, sehingga operator yang tertarik mendistribusikan eSIM pun masih sedikit. Diharapkan eSIM dapat diterima dengan baik oleh masyarakat Indonesia, sehingga para pengguna smartphone akan lebih mudah dan hemat dalam menggunakan SIM. Begitu pula para operator yang akan dapat keuntungan lebih besar.