Blog

Apa bedanya sih HTTP dan HTTPS

Apa bedanya sih HTTP dan HTTPS

Seringkali kita melihat kata HTTP dan HTTPS pada bar address browser saat membuka sebuah website. Walaupun kedua protokol tersebut memiliki peran yang sama pentingnya, tetapi keduanya juga memiliki beberapa perbedaan yang berdampak pada penggunaan website. Apa sih perbedaan HTTP dan HTTPS? Sebelum itu, mari pahami apa pengertian dari kedua protokol tersebut.

Hypertext Transfer Protocol (HTTP) merupakan sebuah protokol jaringan aplikasi yang digunakan untuk mendistribusikan informasi antara client dan server. Client di sini adalah web browser atau device lain yang dapat mengakses dan menerima informasi untuk konten web yang ditampilkan melalui browser. Sedangkan server adalah jenis web server yang menyimpan data berskala besar yang memberikan informasi kepada client.

Hypertext Transfer Protocol Secure (HTTPS) merupakan sebuah protokol yang fungsi keamanannya telah dikembangkan dari protokol HTTP. Keamanan HTTPS lebih ketat dari pada HTTP, sehingga akan lebih aman bagi client dalam mengakses konten web. HTTPS dikembangkan oleh perusahaan berbasis IT Netscape Communication CorpPerbedaan HTTP dan HTTPS :

Keamanan Data - Melalui protokol HTTP, data yang ditransmisikan antara client dan server tidak menjamin keamanan 100%. Hal ini yang menyebabkan banyak data rahasia tersebar luas akibat hacker atau subjek lain yang tidak dikenal. Sedangkan HTTPS memiliki tingkat keamanan data yang lebih baik, sebab data dienkripsikan sehingga data tidak mudah dibaca kecuali dengan memasukan kode atau sandi tertentu. Fasilitas ini yang membuat banyak web developer menggunakan HTTPS dari pada HTTP.

Secure Socket Layers (SSL) - Fungsi keamanan yang ditawarkan oleh Secure Socket Layers (SSL) sangat penting bagi komunikasi antara client dan server. Protokol yang menerapkan SSL adalah protokol HTTPS yang telah memiliki sertifikat SSL. Sertifikat ini digunakan agar data yang ditransmisikan tidak terbaca oleh siapapun kecuali client dan server yang memiliki akses kunci SSL tersebut. SSL akan mengamankan informasi yang sensitif dan rahasia seperti password e-banking, e-money, identitas dan lainnya.

Penggunaan Port - Port yang dimaksud di sini adalah port  logic yang berfungsi sebagai penghubung antara protokol atau media lainnya. Port logic memiliki banyak macam jenis serta penggunaannya. Protokol HTTP yang digunakan adalah port jenis 80, yang berfungsi sebagai konektivitas web server secara umum dnegan client. Sedangkan untuk bisa mengakses HTTPS melalui SSL dibutuhkan port 443 sebagai jaringan konektivitasnya.

Keuntungan Penggunaan - Sudah terlihat dari perbedaan yang dijelaskan, bahwa keuntungan paling unggul dalam penggunaan protokol adalah HTTPS. Selain itu, penggunaan HTTPS dapat meningkatkan kepercayaan pengunjung website dan berdampak pada peningkatan SEO rank dan penjualan atau conversion rate. Kenyamanan pengunjung website pun akan terjamin, karena situs website yang tidak menerapkan SSL akan kesulitan dan hampir tidak bisa membuka laman website tersebut sehingga dialihkan ke laman lainnya.

Setelah memahami pengertian serta perbedaan-perbedaan HTTP dan HTTPS, maka kita tidak perlu khawatir jika terdapat quest sebuah website yang meminta data identitas pribadi dan informasi penting lainnya. Asal kita tidak mengunjungi situs web yang memiliki simbol gembok terbuka karena itu menandakan bahwa website yang dikunjungi tidak menerapkan SSL. Tetap hati-hati, ya!