Blog

6 Tanda Awal Sakit Liver yang Sering Diabaikan

6 Tanda Awal Sakit Liver yang Sering Diabaikan

Tidak banyak orang yang memperhatikan kondisi hati alias liver mereka, padahal hati adalah salah satu organ terpenting pada tubuh. Hati dapat “berbicara” pada Anda dengan menunjukkan tanda-tanda dan gejala yang dapat terkait dengan masalah kesehatan, terutama penyakit liver.

Hati Anda berfungsi sebagai area penahan racun-racun yang dapat membahayakan kesehatan Anda, seperti racun dari makanan atau obat-obatan yang Anda konsumsi. Hati juga menyimpan zat-zat penting, seperti glikogen, beberapa vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh untuk berfungsi. Dengan perannya dalam mendetoksifikasi, hati Anda perlu pembersihan berkala.

Karena itulah penyakit liver sangat berbahaya dan harus diwaspadai dan ditangani dengan cepat, jika Anda menemukan beberapa gejala yang timbul seperti dibawah ini bisa saja itu merupakan ciri-ciri awalnya, dan untuk memastikan, Anda bisa langsung berkonsultasi dengan dokter yang mengerti dengan penyakit ini.

Apabila tanda-tanda ini muncul, Anda perlu mencari cara untuk membersihkan hati Anda. Berikut adalah 6 tanda-tanda peringatan mengenai hati yang paling umum dan tidak boleh Anda abaikan.

1. Perut Sakit dan Bengkak

Sakit, bengkak, atau pegal di area kanan atas perut adalah tanda hati Anda mungkin dalam bahaya, kata Bruce Bacon, M.D., seorang profesor kedokteran dan spesialis penyakit dalam dan gastroenterologi di St. Louis University School of Medicine. Hati menempati sebagian besar rongga perut Anda dan perlemakan biasanya ada di sisi kanan. 

2. Mata dan Kulit Menguning

Ketika tubuh memecah sel-sel darah tua, salah satu produk sisa yang diciptakannya adalah senyawa kekuningan yang disebut "bilirubin." "Hati yang sehat tidak memiliki masalah membuang bilirubin. Tapi, hati yang sakit tidak bisa mengeliminasi bilirubin sehingga akhirnya mengubah warna kulit dan mata menjadi kuning," jelas Jamile Wakim-Fleming, M.D., seorang ahli penyakit hati di Cleveland Clinic. "Warna urine dan kotoran gelap keruh juga merupakan tanda-tanda penyakit kuning," tambahnya. 

3. Nyeri Sendi

Nyeri sendi, mual, muntah, sering lelah, dan hilangnya nafsu makan adalah gejala saling terkait dari penyakit hepatitis autoimun, kata Dr. Wakim-Fleming. Hepatitis autoimun adalah suatu kondisi di mana sistem kekebalan tubuh secara keliru menyerang sel dan jaringan hati Anda sendiri, demikian menurut National Institutes of Health. 

4. Bercak Kulit

Karena hati Anda tidak bisa membersihkan darah dengan benar, Anda bisa memiliki masalah pembekuan darah di dekat permukaan kulit. Hal ini bisa menimbulkan "angioma spider," atau noda kulit besar yang menyerupai laba-laba atau tanda bintang. Umumnya, angioma spider muncul di dada.

5. Kebingungan

Hati yang tidak berfungsi baik akan menyebabkan penumpukan zat tembaga dalam darah dan otak. Hal ini bisa menyebabkan kebingungan yang mirip dengan gejala alzheimer. Umumnya, gejala kebingungan timbul jika penyakit hati sudah ada pada stadium lanjut. 

6. Lemah Otot

"Perut membesar, pergelangan kaki bengkak, ditambah kaki dan lengan menjadi lemah, mungkin merupakan hasil dari ketidakseimbangan cairan disebabkan oleh hati yang sakit," kata Dr. Wakim-Fleming lagi. Kelemahan otot ini juga dapat muncul di atas pipi dan di sekitar pelipis, katanya. Seperti kebingungan, kerusakan otot ini juga timbul jika penyakit hati sudah sampai pada tahap stadium lanjut.

Silakan kunjungi laman produk Inolabs Indonesia lainnya seperti Software Apotek, Software Klinik, dan Software Rumah Sakit yang semuanya berbasis web.