Blog

5 Jenis Jaringan Komputer yang Patut Diterapkan

5 Jenis Jaringan Komputer yang Patut Diterapkan

Jaringan komputer merupakan sebuah sistem telekomunikasi yang terdiri dari beberapa komputer dan perangkat jaringan lainnya, seperti kabel, switch, hub, router, dan sebagainya. Sistem ini saling terhubung satu sama lain untuk dapat berinteraksi serta berbagi informasi. Contohnya adalah surat elektronik, instant messaging, chatting, web browsing, dan berbagi pemakaian printer, Central Processing Unit (CPU), Random Acces Memory (RAM), Hard Disk Drive (HDD), dan lain sebagainya.

Local Area Network (LAN)

LAN adalah jaringan pribadi yang digunakan untuk menghubungkan PC dan workstation di kantor perusahaan atau pabrik untuk berbagi sumber informasi dan sumber daya, seperti printer, pemindah, dan sebagainya.

Metropolitan Area Network (MAN)

Lebih besar dari pada jaringan LAN, jaringan MAN sering digunakan untuk menghubungkan jaringan komputer dari satu kota ke kota lain. Jaringan ini mampu menunjang daya dan suara, bahkan dapat terhubung dengan jaringan televisi kabel.

Wide Area Network (WAN)

Jenis jaringan WAN lebih luas dan lebih canggih dari pada LAN dan MAN. Ia dapat digunakan untuk menghubungkan jaringan ke negara lain atau benua yang berbeda. Jaringan WAN terdiri dari dari beberapa LAN dan WAN. Biasanya menggunakan kabel serat optik yang ditanam di tanah atau di bawah air.

Wireless (Jaringan Tanpa Kabel)

Wireless merupakan jenis jaringan yang dapat menggunakan media transfer data nirkabel. Media yang digunakan dapat berupa gelombang radio, inframerah, bluetooth, atau microwave. Sehingga mudah digunakan untuk kebutuhan mobilitas tinggi. Jaringan wireless pun dapat digunakan dalam jaringan LAN, MAN, dan WAN, disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

Internet

Internet adalah jaringan komputer yang bersifat global. Internet dapat membuat komunikasi dan transmisi data atau file menjadi lebih mudah. Kecanggihan internet jauh lebih tinggi karena campuran dari berbagai jaringan komputer serta topologi dan jenis jaringan yang saling berhubungan.

Demikian lima jenis jaringan komputer yang kerap kali digunakan dalam kegiatan sehari-hari, baik secara personal maupun profesional. Tinggal meninjau jaringan komputer mana yang lebih kamu butuhkan, agar kegiatanmu dapat beroperasi dengan efektif dan efisien.