Blog

3 Teknologi yang Dikembangkan Untuk Masa Depan

3 Teknologi yang Dikembangkan Untuk Masa Depan

Teknologi pasti mengalami perubahan-perubahan yang semakin memudahkan para penggunanya dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Banyak inovasi-inovasi yang sampai saat ini masih terus dipantau perkembangannya, tiga diantaranya adalah:

5G Network

Menurut visi teknologi Huawei, penyebaran jaringan 5G akan muncul antara tahun 2020 dan 2030, memungkinkan konektivitas jarak nol antara manusia dan mesin yang terhubung. Selama pandemi, ketika orang tinggal di rumah, akses ke internet seluler 5G mungkin menjadi kebutuhan vital di daerah yang tidak memiliki koneksi internet atau jangkauan yang rendah. Jenis konektivitas internet seluler ini akan memberikan kecepatan download dan upload super cepat (lima kali lebih cepat dari kemampuan 4G) serta koneksi yang lebih stabil. Sementara jaringan data seluler 5G menjadi tersedia untuk pertama kalinya pada tahun 2019, sebagian besar masih mahal dan terbatas untuk berfungsi di daerah terbatas atau kota besar.

Smartshoes 

Sepatu pintar (smartshoes) telah diluncurkan oleh perusahaan Lenovo pada hari kamis (09/06/2016). Smartshoes berfungsi untuk mengontrol serta menganalisis gerakan kaki untuk mengetahui tingkat kebugaran, tingkat kalori, dan lain sebagainya. Untuk kamu yang menyukai olahraga, sepatu ini akan sangat membantu progres pelatihanmu. Selain itu, terdapat juga teknologi yang memungkinkan bagi pengguna sepatu untuk memainkan game interaktif seperti bermain game Dance Dance Revolution. Maka, Anda tidak akan merasa sedang berolahraga dengan sepatu ini karena Anda akan menikmati game tersebut. Sepatu ini akan didesain dengan tampilan eksklusif serta futuristik dengan wireless charger, sehingga nyaman dan mudah saat pemakaiannya.

Digitally personalized desks

Sekolah di masa depan akan menggunakan peran meja yang lebih canggih, tidak hanya sebatas tempat menulis, tetapi menjadi peralatan belajar yang sangat penting. Banyak yang memprediksi bahwa bentuk meja di sekolah akan berubah menjadi layar besar seperti layar smartphoneTidak hanya terinspirasi oleh desain si ponsel pintar, tapi meja ini juga akan disematkan fungsi yang sama. Para murid dapat menggunakannya untuk mengakses berbagai literatur online, atau bahkan berkomunikasi dengan murid-murid di belahan Bumi lain untuk saling berdiskusi. Board besar seperti ini memang sudah ada, dan sepertinya hanya tinggal tunggu waktu untuk diimplementasikan.

Ketiga inovasi tersebut pasti akan sangat membantu kita dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Uniknya, ketiga teknologi tersebut lahir dari permasalahan yang dianggap sepele. Menurutmu permasalahan apa yang dapat diselesaikan dengan inovasi teknologi di masa depan?