Blog

3 Rekomendasi Buku Powerful Tentang Teknologi di Tahun 2021

3 Rekomendasi Buku Powerful Tentang Teknologi di Tahun 2021

Untuk penikmat buku, pasti sudah tau bahwa setiap tanggal 23 April kita memperingati Hari Buku Sedunia. Hari ini biasanya akan banyak sekali potongan harga yang ditawarkan oleh toko buku online maupun offline. Nah, sebelum kamu membeli buku yang belum tentu bagus. Berikut 3 rekomendasi buku bestseller di tahun 2021 mengenai teknologi.

The Code Breaker: Jennifer Doudna, Gene Editing, and the Future of the Human Race

The Code Breaker merupakan karya dari penulis dan biografer Amerika Serikat, Walter Isaacson. Di buku terbarunya, Ia menulis kembali sebuah biografi Jennifer A. Doudna, seorang ahli biokimia berkebangsaan Amerika. Jennifer menjanjikan revolusi teknologi dengan mengembangkan sistem pengeditan gen (gene editing) yang dikenal dengan CRISPR (Clustered Regularly Interspaced Short Palindromic Repeats).

Teknologi tersebut berpotensi menghilangkan semua penyakit keturunan dengan menyesuaikan DNA dalam sel manusia. Selain itu, teknologi CRISPR berperan sebagai alat diagnosa sebuah penyakit yang akan diderita oleh manusia di tahun-tahun yang akan datang. Pada tahun 2020, Jennifer berhasil melawan Covid-19 menggunakan teknologi ini. Atas keberhasilan pengembangan dan metode pengeditan genom, Ia dianugerahi penghargaan Nobel di bidang kimia bersama dengan koleganya, peneliti asal Prancis, Emmanuelle Charpentier.

Genius Makers: The Mavericks Who Brought AI to Google, Facebook, and the World

Cade Metz merupakan penulis dan jurnalis New York Times, San Francisco, California. Lewat buku ini, Ia mempertanyakan hal-hal mengenai kecerdasan buatan (artificial intelligence) yang kini mulai mendominasi kehidupan sehari-hari. Namun, hanya sedikit yang menyadari bahwa hal tersebut telah menjadi konflik antara kepentingan nasional, nilai pemegang saham, dan kepedulian manusia terhadap privasi, keamanan, dan prasangka. Melalui karakter yang ada di dalamnya, Cade Metz menyajikan kisah dan fakta yang mengarah pada pertanyaan inti dan vital bagi para pembaca Genius Makers.

Liftoff: Elon Musk and the Desperate Early Days That Launched SpaceX

Di dalam karya terbarunya, Eric Berger, seorang senior editor di Ars Technica, membawa pembaca flashback menuju perjalanan SpaceX yang didirikan oleh Elon Musk. Buku ini menceritakan pengalaman karyawan pertama SpaceX saat perusahaan SpaceX masih merintis sebagai perusahaan startup. Di dalamnya menggambarkan bagaimana perjuangan SpaceX untuk mencapai kesuksesannya.

Eric menunjukkan kepada pembaca seperti apa para pekerja ini mendesain, merencanakan, membangun, dan memecahkan masalah dalam peluncuran pertama roket Falcon 1 yang sangat bersejarah bagi mereka. Untuk meluncurkan buku ini, Eric terjun langsung ke dalam perusahaan untuk mendapatkan wawanxara eksklusif dengan lusinan insinyur, desainer, mekanik, dan seluruh eksekutif, termasuk Elon Musk. Oleh karena itu, Liftoff berhasil menyuguhkan cerita SpaceX yang belum pernah ada sebelumnya.