Blog

3 Peran Penting Landing Page bagi Kesuksesan Bisnismu

3 Peran Penting Landing Page bagi Kesuksesan Bisnismu

Landing page memiliki peran penting bagi perkembangan bisnis online siapa pun. Penawaran produk yang ditampilkan di landing page akan membuat pengunjung atau calon konsumen fokus terhadap produk yang ditawarkan. Lalu apa, sih, sebenarnya landing page itu?

Landing page adalah halaman website yang muncul sebagai respons terhadap hasil klik di search engine atau iklan online. Memuat informasi produk secara detail, Landing page biasanya dibuat tanpa tombol navigasi, hanya ada ajakan Call to Action (CTA). Sehingga pengunjung tidak terdistraksi dengan tombol-tombol tambahan, seperti tombol social media, kolom komentar, menu kategori, pilihan produk, dan lain-lain.

1. Alat pemasaran yang efektif

Sebuah studi dari eyeviewdigital.com telah membuktikannya bahwa landing page mampu meningkatkan konversi hingga 80%. Hal ini didukung oleh pernyataan HubSpot bahwa produk yang ditawarkan terlihat lebih ‘hidup’ ketika menggunakan landing pageDi dalamnya para pengunjung akan disuguhi oleh informasi produk, seperti keunggulan produk, cara pemakaian, dan keuntungan yang didapat. Akan jauh lebih baik jika terdapat video yang menarik tentang produk tersebut. Selain itu, landing page akan menaikkan effektifitas iklan berbayar. Biasanya, sebuah iklan menautkan link untuk proses lebih lanjut bagi calon konsumen. Jika tidak memiliki landing page, lantas kemanakah arah link tersebut?

2. Alat analisa bagi data pengunjung

Pengunjung yang masuk ke dalam landing page sudah pasti tertarik dengan produk atau jasa yang ditawarkan. Secara tidak langsung landing page telah memfilter untargeted visitorLanding page pun akan menganalisa data pengunjung, sehingga kamu mengetahui jumlah pengunjung, durasi kunjungan, asal pengunjung, dan lain sebagainya. Data-data itulah yang menguntungkan bisnismu, sebab kamu dapat melakukan retargeting di kemudian hari.

3. Toko yang tetap buka selama 24 jam.

Banyak yang berasumsi bahwa bisnis online merupakan bisnis 24 jam. Pernyataan tersebut menjadi benar jika bisnis tersebut memiliki landing page. Penggunaan landing page akan membantu kamu menjalankan bisnis 24 jam dan dapat diakses oleh pengguna internet di seluruh dunia. Tanpa perlu menjelaskan ulang mengenai produk, semua sudah tertera jelas di landing page. Apalagi jika kamu menambahkan fitur shopping cart dan autoresponder, maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan lagi.

Jadi, apa masih ragu dengan peran landing page? Yuk, segera buat landing page untuk bisnismu.