Blog

10 Tokoh Kedokteran Dunia Beserta Penemuannya

10 Tokoh Kedokteran Dunia Beserta Penemuannya

Berbagai teknologi kesehatan kini semakin canggih. Teknologi-teknologi tersebut hadir untuk membantu dan memudahkan pekerjaan dokter untuk menyelamatkan nyawa para pasien. Namun, sebelum berbagai teknologi kesehatan itu hadir, berikut 10 tokoh kedokteran dunia beserta penemuannya.

Hippokrates

Hippokrates (merupakan seorang dokter yang lahir pada masa Yunani Kuno. Ia merupakan orang pertama yang menentang bahwa penyakit berkaitan dengan takhayul dan ia bersikeras bahwa setiap penyakit memiliki kejelasan yang rasional.

Pada saat itu, Hippokrates dapat menjelaskan secara detail mengenai gejala-gejala pada penyakit dan mencetuskan penggolongan suatu penyakit. Berkat kemasyhurannya, ia dikenal sebagai Bapak Kedokteran.

Joseph E. Murray

Joseph E. Murray merupakan dokter dari Amerika yang memenangkan hadiah Nobel dalam bidang Kedokteran atau Fisiologi. Ia berhasil mengenalkan teknik pemindahan organ atau transplasi organ. Ia merupakan orang pertama yang berhasil melakukan proses transplasi ginjal pada tahun 1054 bersama mitranya Donnal Thomas.

Seymour Furman

Seymour Furman merupakan seorang dokter dan orang pertama yang menyadari mengenai cara kerja jantung. Kesadaran tersebut membuatnya menjadi pelopor atau penggagas alat pacu jantung. Ia juga merupakan salah satu pendiri NASPE atau sekarang lebih dikenal sebagai Heart Rhythm Society.

Edward Hon

Berdasarkan prinsip ultrasuara yang diciptakan oleh fisikawan bernama Christian Andreas Doppler, Edward Hon dari Yale University merupakan orang pertama yang menemukan ultrasonografi atau yang lebih dikenal dengan USG janin pada ibu hamil.

Paul Winchell

Paul Winchell bekerja sama dengan rekannya Dr.Henry J. Heimlich menjadi orang pertama yang mematenkan jantung buatan dalam dunia kedokteran. Meski pada akhirnya, jantung buatan tersebut tidak digunakan hingga masa sekarang. Namun, ia menjadi pelopor dan membuka jalan bagi peneliti lain untuk menyempurnakan jantung buatan hingga saat ini.

Thomas E.Starzl

Thomas E. Starzl menjadi orang pertama yang melakukan operasi transplasi hati pada anak usia tiga tahun. Meski operasi ini tidak berlangsung baik, namun dari situlah awal mula perkembangan operasi transplasi dimulai. Hingga saat ini, sudah banyak dokter yang berhasil melakukan operasi transplasi hati.

Christian Barnard

Jika Thomas E. Starzl transplasi hati, dokter asal Afrika ini berhasil melakukan operasi transplasi jantung manusia untuk pertama kalinya. Meski pasien pria yang berusia 53 tahun tersebut meninggal setelah 18 hari pascaoperasi, namun proses transplasi jantung sudah dianggap berhasil.

Godfrey Hounsfield

Alat CT scanner merupakan alat dengan sinar-X yang berfungsi untuk melihat bagian dalam tubuh manusia secara rinci dan memeriksa potensi kerusakan bagian tubuh yang ada di dalam kulit maupun tulang. Alat tersebut pertama kali diciptakan oleh dokter Godfrey Hounsfield pada tahun 1971.

Dean L.Kamen

Pada dunia kesehatan terdapat sebuah alat yang mampu mengukur kadar insulin dalam tubuh pasien penderita diabetes. Setiap pasien diabetes dapat mengontrol kadar insulin dengan bantuan alat tersebut atau yang lebih dikenal dengan pompa insulin. Pompa insulin pertama kali diciptakan oleh Dean L. Kamen pada tahun 1973.

Raymond V. Damadian

Raymond V. Damadian pada tahun 1978 berhasil menciptakan sebuah penemuan berupa MRI (Magnetic Resonance Imaging). Kini alat tersebut menjadi bagian paling penting pada dunia kesehatan karena mampu mengambil gambar detail suatu organ tubuh menggunakan magnet dan gelombang.

Berkat 10 tokoh kedokteran dunia beserta penemuannya, kini semakin banyak berkembang teknologi-teknologi yang dapat membantu dan mempermudah pekerjaan dalam dunia kesehatan. Hingga saat ini para peneliti di seluruh dunia, semakin banyak bersaing dan berlomba untuk menciptakan penemuan-penemuan baru dalam bidang kesehatan.