Blog

Tips Jitu Memulai Bisnis Apotek yang Menguntungkan

Tips Jitu Memulai Bisnis Apotek yang Menguntungkan

Ketika sakit, pastinya kita semua membutuhkan obat. Ketika sembuh pun demikian, kita membutuhkan suplemen berupa vitamin supaya tidak sakit. Bisa dibilang, obat-obatan maupun vitamin adalah kebutuhan penting di dalam kehidupan kita.

Bagi Anda yang sedang mencari ide peluang usaha, dari kondisi tersebut sebenarnya ada peluang usaha yang menjanjikan untuk Anda, yaitu membuka usaha apotek. Tidak perlu membuka apotek berskala besar, apotek mini sudah cukup. Meskipun berskala mini, namun keuntungan yang diperoleh tidak bisa dianggap sepele mengingat obat dan vitamin termasuk kebutuhan penting.

Akhir-akhir ini banyak apotek yang gulung tikar akibat kurangnya inovasi dan manajemen yang jelek ataupun apotek yang baru buka tiga bulan kemudian tutup dikarenakan perencanaan yang tidak matang, membuka bisnis apotek tidak sama dengan membuka bisnis warung ataupun toko. Perlu perencanaan yang matang dan pengembangan yang terencana, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, antara lain:

1. Lokasi

Lokasi adalah hal yang paling penting karena lokasi menentukan strategi pengembangan selanjutnya. Lokasi yang strategis dan gampang dilihat, akan sangat memudahkan menarik pelanggan dan meminimalisir biaya promosi.

Kepadatan arus juga akan berpengaruh terhadap jumlah pengunjung toko apotek Anda. Penting juga diperhatikan arus lalu lintas apakah satu arah atau dua arah, apakah letak toko kita ada pada sisi arah orang pulang beraktivitas atau arah berangkat.

Namun yang paling penting adalah anda harus memastikan bahwa lokasi yang anda incar benar-benar membutuhkan keberadaan apotek.

Hindari daerah seperti kantor dan pilihlah daerah yang dekat dengan pemukiman di mana banyak orang  tinggal di sana. Daerah pemukiman sering memiliki permintaan yang tinggi untuk toko obat.

2. Surat Izin

Pasanglah surat izin apotek beserta surat izin praktik apoteker. Dengan adanya surat izin tersebut, akan mendatangkan image bahwa apotek Anda adalah apotek resmi, sehingga akan membuat konsumen merasa yakin dan percaya untuk membeli obat di apotek Anda.

3. Menyusun rencana bisnis

Dalam menyusun rencana bisnis, Anda harus memperhitungkan aspek manajemen keuangan dalam mengkalkulasi semua biaya termasuk biaya lokasi, lisensi, asuransi, pajak, persediaan, staf, dan pemasaran, serta proyeksi dan target pendapatan untuk dua tahun pertama.

4. Pilih Pemasok Terpercaya

Dalam memilih pemasok obat, jangan hanya melihat dari harganya saja, namun perhatikan pula kualitas obat tersebut apakah obat yang tawarkan sudah terdaftar BPOM, tidak kadaluwarsa, dan lainnya. Tidak hanya segi obat-obatan saja, namun perlengkapan dan peralatan kesehatan pun demikian.

Agar lebih memberikan banyak keuntungan, pilih pemasok yang bisa memberikan harga khusus jika melakukan pembelian dalam jumlah banyak. Lalu di mana tempat pemasok terpercaya, harga bersaing dan berkualitas?

5. Gunakan Software Terbaik

Anda memerlukan software atau sistem informasi yang mampu diandalkan untuk mengelola urusan inventori, akuntansi, pencatatan resep, integrasi antar cabang, dan sebagainya. Software yang mumpuni akan mempermudah Anda mengelola apotek dengan lebih efisien sehingga mampu menghemat tenaga, uang, dan waktu Anda.

Silakan kunjungi laman produk Inolabs Indonesia lainnya seperti Software Apotek, Software Klinik, dan Software Rumah Sakit yang semuanya berbasis web.