Blog

Kenapa Ponsel Buatan Tiongkok Harganya Murah?

Kenapa Ponsel Buatan Tiongkok Harganya Murah?

Vendor-vendor ponsel pintar asal Tiongkok mulai menyerang pasar dunia, dengan desain yang tak kalah keren serta spesifikasi yang tinggi tapi dibanderol dengan harga murah tentu saja bisa memikat banyak konsumen di seluruh dunia. Sebut saja Xiaomi, Vivo, Oppo, Huawei, Lenovo, dan lainnya.

Tentu saja harga yang murah serta spesifikasi yang tinggi belum menjamin suatu vendor smartphone bisa menguasai pasar ponsel pintar.

Dahulu, Tiongkok terkenal dengan produk tiruan yang berkualitas rendah. Tapi, kini citra itu sudah memudar. Beberapa merek smartphone Negeri Tirai Bambu tersebut mampu bersaing dengan raksasa-raksasa kelas dunia, namun tetap dibanderol dengan harga lebih murah.

Mengapa bisa demikian? Berikut 5 rahasia mengapa smartphone Tiongkok berharga murah dan bahkan bisa dibanderol sangat murah.

1. Tenaga kerja murah

Salah satu alasan yang paling umum kenapa smartphone Tiongkok bisa dibanderol dengan harga murah adalah karena ketersediaan tenaga kerja dengan biaya rendah. Upah tenaga kerja di Tiongkok ini adalah alasan utama kenapa banyak vendor membangun produk di sana.

2. Ponsel berteknologi tinggi, tapi...

Kita tahu ponsel pintar ciptaan Tiongkok memiliki spesifikasi tinggi, tapi harganya murah. Sebenarnya banyak vendor Tiongkok menggunakan teknologi lama untuk memangkas biayanya. Misalnya, ada beberapa vendor yang masih menggunakan RAM dengan teknologi DDR3, sedangkan ponsel terbaru milik perusahaan besar sudah menggunakan DDR4.

Selain itu, banyak juga layar ponsel milik vendor Tiongkok yang kualitasnya rendah, dan masih di bawah panel AMOLED atau IPS yang dimiliki perusahaan terkenal.

3. Fokus pada penjualan online

Vendor asal Tiongkok lebih fokus pada penjualan online melalui e-commerce. Beda dengan Samsung dan Apple yang menghabiskan banyak uang untuk membuat toko dan service center. Dan itu membutuh banyak uang. Itu lah mengapa vendor asal Tiongkok bisa menekan harga jual ponselnya, karena tidak memerlukan biaya untuk membangun toko dan lainnya.

4. Pemasaran murah

Dalam membangun brand-nya, ponsel Tiongkok lebih mengandalkan jaringan sosial. Alat pemasaran yang jauh lebih murah namun sama-sama efektif. Caranya dengan menggunakan jaringan Internet. Beda dengan ponsel pintar terkenal yang membutuhkan banyak dana untuk membuat iklan, model iklan dan membayar iklan di TV.

5. Margin keuntungan sedikit

Vendor asal Tiongkok lebih memilih mendapatkan jumlah keuntungan yang sedikit dari setiap unit yang dijual. Sedangkan merek-merek terkenal seperti Apple dan Google memilih mendapatkan untung besar dari penjualan ponselnya.

 

Teaser INOFARMA 2.0

Silakan kunjungi laman produk Inolabs Indonesia lainnya seperti Software Apotek, Software Klinik, dan Software Rumah Sakit yang semuanya berbasis web.