Blog

9 Cara Ampuh Mencegah Diabetes di Usia Muda

9 Cara Ampuh Mencegah Diabetes di Usia Muda

Saat ini banyak orang mencari cara ampuh mencegah diabetes di usia muda, karena tren penyakit diabetes mengalami percepatan. Khususnya pada diabetes tipe 2 yang semakin banyak dialami anak muda berusia 20-30 tahun.

Sangat disayangkan jika masih muda tapi sudah menderita penyakit berbahaya. Pasalnya, diabetes dapat memicu penyakit mematikan lain yang dapat menghambat anak-anak muda untuk mengejar impian.

Pakar kesehatan di Indonesia sangat mengkhawatirkan gaya hidup sebagian besar masyarakat tanah air yang sangat berisiko menimbulkan penyakit diabetes. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya penderita diabetes di tanah air. 

Baca juga 6 Tanda Awal Sakit Liver yang Sering Diabaikan

Mereka menyebutkan jika ada anggapan yang berkembang di masyarakat dimana diabetes adalah penyakit orang tua sehingga mereka tidak mencegah diabetes sejak dini. Alhasil, saat mereka diketahui mengidap penyakit berbahaya ini, semua sudah terlambat. Lantas, apakah ada yang bisa kita lakukan untuk mencegah diabetes?

Sebelum terlambat, cobalah 9 cara mencegah diabetes berikut ini:

1. Kurangi lemak tubuh berlebih

Cara mencegah diabetes yang pertama dengan menghilangkan lemak berlebih pada tubuh Anda. Kelebihan berat badan merupakan faktor risiko besar untuk diabetes. Sebaliknya, setiap kilogram (2,2 pon) berat badan yang hilang mengurangi risiko diabetes sebesar 16 persen.

2. Diet rendah kalori berbasis buah dan sayur

Makan berbagai buah dan sayuran – studi pola diet menunjukkan bahwa ini menjadi cara mencegah diabetes. Makanan yang harus dihindari adalah mereka yang kaya lemak trans (juga disebut lemak terhidrogenasi), lemak jenuh, dan gula.

Baca juga Gejala Awal Penyakit Ginjal yang Sering Diabaikan

3. Minum air

Studi menghubungkan minuman manis dengan obesitas dan diabetes. Hindari minuman tersebut maka dapat mencegah diabetes dan menurunkan risiko obesitas.

4. Selalu aktif bergerak

Ketidakaktifan fisik meningkatkan risiko diabetes. Olahraga membuat sel lebih sensitif terhadap insulin. Penelitian 2006 tersebut melibatkan relawan yang berolahraga cukup selama 150 menit seminggu. Cara mencegah diabetes ini akan berjalan cepat.

5. Kendalikan stres

Respons stres memicu pelepasan beberapa hormon yang meningkatkan gula darah. Studi menunjukkan bahwa meditasi kesadaran meningkatkan kemampuan untuk mengatasi stres. Aktivitas fisik dan dukungan sosial juga membantu menghilangkan stres.

6. Cukup tidur

Kurang tidur kronis dan kualitas tidur yang buruk meningkatkan risiko diabetes dan obesitas. Namun jika Anda terus mengalami masalah tidur, segera hubungi dokter Anda.

Baca juga Awas, 5 Penyakit Ini Siap Mengintai di Akhir Tahun

7. Kontrol tekanan darah

Biasanya orang dapat melakukan ini dengan olahraga teratur, diet seimbang dan dengan menjaga berat badan yang sehat dapat mencegah diabetes. Dalam beberapa kasus, Anda mungkin memerlukan obat yang diresepkan oleh dokter Anda.

8. Kurangi risiko penyakit kardiovaskular Anda

Diabetes dan penyakit kardiovaskular memiliki banyak faktor risiko yang umum, termasuk obesitas dan aktivitas fisik.

9. Batasi makanan cepat saji dan diproses

Makanan yang enak dan kaya bumbu, biasanya tinggi garam, lemak dan kilojoule. Untuk mencegah diabetes, sebaiknya Anda memasak sendiri menggunakan bahan-bahan segar dan tidak menggunakan penyedap rasa jika memungkinkan.

Silakan kunjungi laman produk Inolabs Indonesia lainnya seperti Software Apotek, Software Klinik, dan Software Rumah Sakit yang semuanya berbasis web.