Blog

7 Cara Sederhana Tetap Sehat di Kantor

7 Cara Sederhana Tetap Sehat di Kantor

Jika Anda seorang karyawan kantoran, rutinitas kerja mungkin membuat pikiran Anda lelah. Bukan hanya itu, karena Anda lebih sering duduk di tempat kerja, badan Anda bisa jadi terasa lemah dan lesu. Jangan sampai karena pekerjaan menumpuk di kantor Anda jadi terlalu sibuk, hingga makan jadi tak teratur dan gaya hidup berantakan.

Berikut ini tujuh cara sederhana agar Anda tetap menjalankan hidup sehat meskipun sangat sibuk di kantor: 

1. Bawa Bekal Masakan Rumah

Membawa bekal dari rumah bukan saja membuat Anda lebih hemat tetapi juga lebih sehat. Supaya tidak repot, biasakan membuat daftar menu selama satu minggu untuk bekal kantor. Pastikan bekal Anda itu berisi makanan sehat yang kaya akan protein, vitamin, dan nutrisi lainnya. Dengan membuat bekal sendiri makanan yang Anda santap akan terjamin kesehatan dan mutunya.

2. Jangan Terlambat Makan

Saat sibuk bekerja, Anda seringkali lupa makan dan istirahat. Apalagi jika deadline sudah di depan mata. Anda pasti akan memprioritaskan untuk menyelesaikan pekerjaan ketimbang makan siang.

Ubah kebiasaan ini. Luangkan waktu untuk makan siang selama 30 menit, kemudian Anda dapat kembali bekerja. Kalau perut kosong, bagaimana mungkin Anda berenergi menyelesaikan pekerjaan? Selain itu penyakit, seperti maag akan gampang menyerang tubuh Anda, kekebalan tubuh pun menurun membuat tubuh jadi mudah sakit.

3. Jangan Banyak Ngemil

Nafsu makan berlebih akan timbul saat bekerja sambil duduk atau menatap layar komputer dalam waktu lama. Karena itulah, godaan untuk meraih camilan dalam kemasan atau memesan makanan cepat saji akan terasa sangat menggiurkan. Untuk mengantisipasinya, kamu bisa menyiapkan camilan sehat dari buah. Bawa saja bekal buah untuk mengurangi hasrat tidak sehat tadi. Tak ada camilan yang lebih sehat dibandingkan dengan buah-buahan yang bernutrisi tinggi.

4. Kurangi Konsumsi Teh atau Kopi

Hindari minum teh atau kopi secara berlebihan karena akan mengakibatkan perasaan gelisah, mudah marah, serta dehidrasi. Pola tidur juga akan terganggu bila Anda kebanyakan mengonsumsi kafein. Sebaiknya ubah dengan mengkonsumsi air putih, air kelapa muda, atau jus buah.

Kalau Anda seorang coffee addict yang tidak bisa hidup tanpa kopi, baiknya Anda membatasi diri untuk minum secangkir atau dua cangkir saja, yaitu saat pagi dan menjelang sore. Selanjutnya perbanyak dengan air putih.

5. Batasi Waktu Duduk di Kursi

Duduk dalam waktu lama, apalagi seharian penuh dapat meningkatkan resiko memburuknya kesehatan tubuh Anda. Kebiasaan macam ini tak jarang mampu memicu datangnya beragam penyakit, seperti diabetes tipe 2 dan kanker. Untuk itu, sesekali bangkitlah dari kursi kerja Anda dan berjalanlah beberapa saat. Dengan bergerak dan berjalan akan membantu menghilangkan sekaligus mencegah rasa sakit pada bagian tubuh Anda.

6. Jangan Tunda Pekerjaan

Hidup sehat di kantor bukan dilihat dari makanan dan minuman yang dikonsumsi saja, tetapi juga bagaimana pola kerja Anda. Misalnya bila Anda sering menunda pekerjaan, Anda cenderung akan merasa stress. Stress bukan saja membuat pikiran Anda berat, tetapi juga akan merembet ke kesehatan fisik Anda. Selesaikan semua pekerjaan sebelum deadline untuk menghindari kemungkinan tugas Anda menumpuk.

7. Olahraga Kecil di Kantor

Banyak bergerak sangat penting untuk terhindar dari kegemukan yang sering menyerang para karyawan. Nah, siapa bilang Anda tidak bisa berolahraga saat berada di kantor?Lakukan gerakan olahraga sederhana dengan menggunakan kursi atau meja kerja, sekadar untuk meregangkan otot yang kaku. Selalu gunakan tangga daripada lift, dan selalu berusaha bisa bergerak dari satu meja ke meja lain untuk mengantar surat, dokumen, ataupun informasi kerja.

Lebih super lagi kalau Anda selalu rutin mengunjungi gym atau pusat kebugaran seminggu dua kali setiap pulang kantor.

 

Silakan kunjungi laman produk Inolabs Indonesia lainnya seperti Software Apotek, Software Klinik, dan Software Rumah Sakit yang semuanya berbasis web.