Blog

Super Efisien, Inilah 5 Manfaat Cloud Storage yang Belum Banyak Diketahui Orang

Super Efisien, Inilah 5 Manfaat Cloud Storage yang Belum Banyak Diketahui Orang

Bagi beberapa orang mungkin pernah mendengar kalimat Cloud Storage, dan beberapa masih asing dengan Cloud Storage. Lalu apa itu Cloud Storage, dan apa fungsinya, Cloud Storage adalah alat penyimpanan data digital dengan memanfaatkan server virtual sebagai medianya.

Cloud storage adalah layanan penyimpanan file di internet, dimana file-file yang tersimpan bisa dikelola dari mana saja selama user masih terhubung dengan cloud storage tersebut melalui jaringan internet. Konsep pada cloud storage sama seperti pada konsep file server di suatu perusahaan.

Bedanya infrastruktur pada media storage tersebut dikelola oleh provider cloud, dan selanjutnya dijadikan sebagai layanan penyimpanan file yang bisa diakses dari internet. Di era digital seperti sekarang ini, cloud storage sangat bermanfaat untuk membantu Anda dalam berbagai hal. Berikut adalah beberapa manfaat cloud storage.

Baca juga Headphone vs Earphone, Mana yang Paling Aman?

1. Memudahkan dalam pengarsipan data

Seperti yang kita ketahui bahwa cloud storage memiliki kemampuan menyimpan atau mengarsipkan data dengan mudah. Hal ini menjadi suatu cara untuk mencegah data rusak atau hilang ketika disimpan di media penyimpanan lokal seperti hard disk, flash disk, dan lain sebagainya. Tentunya ketika data penting dalam suatu bisnis rusak atau hilang maka akan menjadi sebuah masalah yang besar mengingat data tersebut merupakan hal yang penting untuk menunjang kesuksesan bisnis.

2. Lebih Fleksibel

Penyimpanan data dengan menggunakan Cloud Storage, memungkinkan anda ataupun perusahaan untuk mengizinkan pihak umum ataupun internal mengakses data maupun file dimanapun dirinya berada. Selain tidak dibutuhkan penambahan alat/media, selain akses internet untuk mendapatkan file ataupun informasi penting dari perusahaan ataupun perorangan.

Baca juga Jangan Nekat Menyebarkan Hoax Kalau Tidak Mau Kena Pasal Berlapis Ini

3. Memudahkan dalam bekerja sama

Selain mampu meningkatkan kinerja dalam bisnis, cloud storage juga dapat memudahkan Anda untuk melakukan kerjasama yang baik dengan rekan bisnis. Mengingat dengan menggunakan media penyimpanan tersebut dapat memudahkan Anda berbagi data atau file dengan rekan bisnis yang sedang dibutuhkan dalam kegiatan bisnis. Hal ini menjadi suatu manfaat yang mampu membuat bisnis berjalan lebih efisien dan efektif, terlebih jika kegiatan bisnis dilakukan di luar kantor yang pada saat itu membutuhkan suatu data atau file.

4. Mudah, Ringan, dan Ringkas

Data cloud storage berada di internet, tentu saja Anda bisa dengan mudah mengaksesnya. Dengan catatan ada koneksi internet. Tidak perlu repot membawa perangkat (beserta kabel) terlalu banyak seperti saat dahulu.

Baca juga Terungkap, Inilah 5 Mitos Salah Seputar Smartphone

5. Hemat Biaya

Pada dasarnya cloud storage membantu bisnis yang Anda jalankan untuk menghemat biaya dalam pemenuhan kebutuhan penyimpanan data. Dimana seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa dengan menggunakannya tidak perlu lagi melakukan penyimpanan lokal sehingga hal ini juga tidak perlu menggunakan hardware seperti hard disk ataupun flash disk. Selain itu, bisnis yang Anda jalankan tidak perlu membutuhkan seseorang yang ahli untuk merawat seluruh data yang bisnis Anda miliki

Silakan kunjungi laman produk Inolabs Indonesia lainnya seperti Software Apotek, Software Klinik, dan Software Rumah Sakit yang semuanya berbasis web.