Blog

Suka Duka Pekerjaan Medical Representative

Suka Duka Pekerjaan Medical Representative

Medical representative  dapat didefinisikan sebagai duta perusahaan obat atau seseorang yang dipercaya untuk menjadi perwakilan perusahaan guna mempromosikan produk secara professional, kredibel, dan berintegritas. Istilah lainnya adalah detailer, karena dalam melaksanakan tugasnya, seorang Medical Representative harus mampu menjelaskan seluk beluk produk yang ditawarkan secara detail kepada customernya. Ini adalah profesi yang seru, menyenangkan dan banyak suka dukanya.

  1. Hapal berbagai lokasi praktik dokter

Dokter menjadi segmentasi utama seorang medical representative. Sebab, dokter perlu mendapat penjelasan detil mengenai jenis obat, kegunaan, harga dan kelebihan disbanding obat sejenis lainnya. Dengan demikian, dokter akan dapat mengetahui manfaat secara terperinci dan implementasi terbaik bagi setiap keluhan pasien. Jadi tidak heran jika seorang medical representative harus paham area yang menjadi tanggung jawabnya dan hapal berbagai lokasi praktik dokter.

  1. Tetap ramah dan menjaga etika meski pelaksanaan di lapangan berbeda dengan perencanaan

Meski sudah membuat janji temu untuk bertemu klien atau dokter, ada saja hambatan yang bisa saja terjadi. Mengingat seseorang yang akan ditemui medical representative adalah sosok yang sibuk maka sangat dimungkinkan janji temu dibatalkan mendadak. Menyikapi hal ini, seorang medical representative dituntut tetap memiliki sisi etika yang tinggi sehingga tidak agresif menghadapi situasi dan tetap ramah pada relasi.

  1. Saat mendapat klien prioritas, bonus besar menanti

Jika sudah memiliki klien potensial dan prioritas, otomatis akun penjualan si medical representative malmbung tinggi. Maka dari itu bonus besar akan dicapai, bahkan termasuk jalan-jalan ke luar negeri, menyenangkan bukan?!

  1. Target penjualan ketat

Seimbang dengan bonus besar yang siap dinikmati di depan mata, seorang medical representative juga harus memenuhi target penjualan yang ketat. Meski terkesan berat namun ini tantangannya.

Itulah empat hal yang menjadi suka duka profesi seorang medical representative. Apotek juga menjadi salah satu segmentasi klien dari seorang medical representative. Apalagi apotek akan menerima banyak sekali pasokan obat, oleh sebab itu untuk mempermudah sistem internal apotek dan administrasi dengan pihak vendor, diperlukanlah software apotek terbaik. Dalam hal ini, Inofarma 2.0 menjadi sarana yang mumpuni untuk kebutuhan administrasi dan sistem informasi setiap bisnis apotek.