Blog

Selamat Hari Apoteker Sedunia, Apoteker Ayo Berkarya!

Selamat Hari Apoteker Sedunia, Apoteker Ayo Berkarya!

Setiap tanggal 25 September dunia kefarmasian memperingati Wolrd Pharmacist Day (WPD) atau Hari Apoteker Sedunia. Hal ini berdasarkan hasil kongres dari Federasi Farmasi Internasional atau International Pharmaceutical Fedration (FIP) pada tahun 2009 lalu di Istanbul, Turki, yang menjadikan tanggal 25 September sebagai Hari Apoteker Sedunia. 

FIP mendorong apoteker di seluruh dunia untuk menggunakan Hari Apoteker Sedunia untuk mengatur kegiatan yang mempromosikan dan menyarankan apoteker dalam meningkatkan kesehatan di seluruh penjuru dunia.

Presiden Federasi Farmasi Internasional (FIP) Dr Carmen Peña mengatakan, Hari Apoteker Dunia tahun 2018 akan fokus pada keahlian yang dimiliki apoteker dan untuk memastikan kesehatan pasien yang lebih baik setiap harinya

“Keahlian ini diterapkan melalui sains dan penelitian, melalui mendidik generasi berikutnya, dan melalui transformasi kebutuhan pasien menjadi layanan,” kata Dr Peña.

“Tema Hari Apoteker Dunia menekankan bahwa apoteker adalah sumber pengetahuan dan saran yang terpercaya, tidak hanya untuk pasien tetapi untuk profesional perawatan kesehatan lainnya. Untuk setiap pasien yang masuk ke apotek, apoteker memastikan bahwa obat yang tepat diberikan pada dosis yang tepat dan dalam formulasi yang paling sesuai. Kami bekerja dengan profesional perawatan kesehatan lainnya untuk memastikan bahwa setiap individu menerima perawatan yang optimal. Selain itu, sebagai salah satu profesional perawatan kesehatan yang paling mudah diakses secara global, kami menggunakan pembelajaran kami untuk melindungi kesehatan dan mencegah penyakit,” tambahnya.

World Pharmacists Day digunakan oleh anggota FIP dan apoteker lainnya di seluruh dunia untuk menyoroti nilai profesi apotek dan dampaknya pada peningkatan kesehatan bagi pihak berwenang, profesi dan media lainnya, dan juga masyarakat umum. FIP telah membuat tim untuk kampanye tahun ini dalam enam bahasa resmi Perserikatan Bangsa-Bangsa: Arab, Cina, Inggris, Prancis, Rusia dan Spanyol. Ini termasuk animasi dan materi lainnya untuk media cetak dan media sosial.

Dengan ini diharapkan bahwa seluruh Apoteker di dunia dapat menjalankan profesinya sebaik mungkin untuk memberikan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat. Hilangkan stigma-stigma negatif tentang profesi Apoteker.

Silahkan kunjungi laman produk Inolabs Indonesia lainnya seperti Software Apotek, Software Klinik, dan Software Rumah Sakit yang semuanya berbasis web.