Blog

Pengelolaan Bisnis Apotek Setelah 5 Tahun Berkembang

Pengelolaan Bisnis Apotek Setelah 5 Tahun Berkembang

Pengelolaan Bisnis Apotek Setelah 5 Tahun Berkembang

Persaingan bisnis apotek memang sudah lumayan ketat. Kompetisi antar apotek biasanya masih berkisar harga jual dan pelayanan. Ketika sebuah usaha apotek telah tumbuh dan bertahan selama lima tahun, bukan berarti tidak perlu mewaspadai terhadap persaingan bisnis yang ada. Karena, setiap usaha termasuk bisnis apotek, harus memiliki pondasi yang kuat untuk menghadapi persaingan tentunya dengan membutuhkan manajemen yang baik dalam mengelola proses produksi, distribusi, dan penjualan agar berlangsung dengan baik.

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menjaga stabilitas bisnis apotek Anda setelah berjalan lebih dari lima tahun:

  1. Jaga Tampilan – Meski sudah memiliki pelanggan loyal, bukan berarti tampilan luar apotek tidak diperhatikan. Apotek Anda harus terlihat baik, dari sisi luar maupun dalam. Informasi papan nama di depan apotek harus terpampang jelas. Kerapian dan kenyamanan di dalam apotek juga harus diutamakan untuk pelanggan.
  2. Perluas Mitra & Jaringan – Bina relasi dan bentuk kerjasama dengan klinik ataupun dokter. Hubungan kerja sama ini ditujukan untuk dapat meningkatkan omzet penjualan pada bisnis apotek anda dan juga membantu anda dalam penyediaan produk yang sebelumnya belum tersedia di apotek Anda.
  3. Kelola Laba – Sebaiknya laba usaha yang Anda peroleh dapat Anda simpan sebagian salah satu modal pengembangan selanjutnya untuk membuat cabang-cabang bisnis apotek Anda nantinya. Sisihkan laba bersih apotik (kira-kira 50%) untuk pengembangan usaha atau pembukaan cabang baru di daerah lain. Dengan membuka cabang baru, penyebaran (distribusi) produk akan semakin luas.
  4. Layanan Ekstra – Buat apotek Anda tidak hanya sekadar menjual obat tapi juga membuka layanan tambahan seperti pengecekan kadar kolesterol, cek gula darah, asam urat, hemoglobin dengan harga yang lebih murah daripada di laboratorium atau rumah sakit. Bila memungkinkan ditambah pula cek tensi gratis.
  5. Gunakan Software Apotek – Supaya bisnis apotek yang sudah berkembang selama lima tahun ini dapat semakin meningkat pesat, pastikan administrasi di dalamnya dapat tersusun dengan rapi dan sistematis. Dengan demikian Anda dapat memantau bisnis menjadi lebih mudah. Inofarma sebagai sebuah software apotek yang memiliki  fitur terbaik kini telah memunculkan versi terbarunya yakni 2.0 yang mampu mengintegrasikan transaksi antar cabang apotek Anda secara real time.