Blog

Pastikan Hal Ini Sebelum Membuka Bisnis Apotek

Pastikan Hal Ini Sebelum Membuka Bisnis Apotek

Apa benar jika ada anggapan kalau membuka usaha apotek harus mempunyai keahlian di bidang farmasi atau kedokteran. Secara umum memang demikian, namun jika Anda tidak mempunyai keahlian di bidang tersebut Anda masih bisa membuka usaha apotek. Bagaimana caranya? Caranya adalah bergabung dengan Apotek yang menyediakan sistem waralaba atau franchise.

Seorang yang memiliki keahlian farmasi akan menjadi landasan yang kuat dalam pendirian bisnis apotek karena Seorang apoteker dan tangan kanan farmasi akan gampang memulai urusan ekonomi apotek dari segi manajemen, ilmu obat-obatan dan wirausaha. Karena secara akademis telah diajarkan ilmu-ilmu tersebut ditambah praktek di lapangan dengan bekerja di sebuah apotek dari awal hingga buka. 

Lalu, hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan sebelum membuka bisnis apotek? Antara lain yaitu:

Surat Izin

Pasanglah surat izin apotek beserta surat izin praktik apoteker. Dengan adanya surat izin tersebut, akan mendatangkan image bahwa apotek Anda adalah apotek legal dan resmi, sehingga akan membuat konsumen merasa yakin dan percaya untuk membeli obat di apotek Anda.

Pilihan Lokasi

Dalam pemilihan lokasi, apotek harus berada di tempat strategis yang mudah dihangkau dan dilihat orang dengan mudah. Anda bisa saja membuka perjuangan apotik tak di tempat strategis asalkan sistem penjualan yang dilakukan dengan cara keliling atau sales canvas ke toko obat, apotik, warung, dokter, klinik dll.

Survey Pesaing

Hal lain yang perlu diperhatikan dalam membuka perjuangan gerai apotik selanjutnya ialah para pesaing yang ada. Anda perlu melaksanakan survey terhadap pesaing yang ada di wilayah sobat. Semakin banyak pesaing semakin sulit berkembang urusan ekonomi apotik anda. Dan semakin lemah persaingan urusan ekonomi apotek maka semakin mudah berkembang dan menguntungkan perjuangan apotek.

Pilih Supplier

Dalam memilih pemasok obat, jangan hanya melihat dari harganya saja, namun perhatikan pula kualitas obat tersebut apakah obat yang tawarkan sudah terdaftar BPOM, tidak kadaluwarsa dan lainnya. Tidak hanya segi obat-obatan saja, namun perlengkapan dan peralatan kesehatan pun demikian.

Agar lebih memberikan banyak keuntungan, pilih pemasok yang bisa memberikan harga khusus jika melakukan pembelian dalam jumlah banyak. 

Siapkan Software Apotek

Jangan sampai tujuan Anda untuk mendapatkan keuntungan dalam bisnis apotek terganggu karena administrasi yang buruk. Permudah kinerja administrasi dalam apotek Anda dengan memilih software apotek terbaik. Inofarma 2.0 memberikan akses online untuk pengecekan maupun penginpitan data yang dapat disinkronkan dengan laporan perpajakan sekaligus.