Blog

Optimasi WhatsApp Business Untuk Layanan Apotek

Optimasi WhatsApp Business Untuk Layanan Apotek

Awal 2018 lalu, WhatsApp resmi meluncurkan fitur chat WhatsApp Business. Berbeda dengan WhatsApp Messenger, di WhatsApp Business yang memiliki logo dengan simbol huruf 'B' kapital ini, penggunanya bisa membuat deskripsi singkat mengenai bisnis mereka, jam operasional, email atau alamat toko, dan situs. Sehingga orang akan tahu kalau mereka sedang berbicara dengan sebuah akun bisnis. Untuk penerima pesan dari akun bisnis, mereka juga tidak perlu mengunduh aplikasi baru, hanya si pemilik akun bisnis saja.

Bagi pemilik bisnis apotek, menggunakan aplikasi WhatsApp Business untuk optimasi usahanya juga akan sangat mudah. Beberapa fitur yang dimiliki oleh WhatsApp Business yang akan mendukung pergerakan bisnis apotek Anda antara lain:

Fitur Label

Anda yang menggunakan WhatsApp Business dapat memberikan label pada para pelanggan Anda agar lebih mudah dikenali. Label ini bisa diberikan juga untuk membedakan pelanggan lama, baru, dan juga pelanggan yang sering melakukan pembelian. Label ini biasanya terdiri dari pelanggan baru, orderan baru, dan sebagainya. Anda juga bisa mengkreasikan jenis label-nya, terutama jika ada pelanggan loyal yang terbiasa memesan obat tertentu di apotek Anda. Dengan demikian, Anda akan mampu memberikan pelayanan yang sangat personal.

Statistik Pesan

Saat ini, promosi menjadi hal yang sangat penting dalam setiap bisnis, termasuk bisnis apotek. Tentunya Anda akan membutuhkan informasi untuk mengukur efektivitas pesan yang Anda kirim. Anda bisa mengakses banyak data penting dengan mudah dan dalam bentuk grafis yang tak susah untuk dimengerti. Hal-hal yang bisa Anda akses meliputi berapa persen dari pesan Anda yang sukses terkirim, diterima, dan dibaca oleh pengguna. Sehingga Anda bisa menggunakan strategi yang lebih baik ke depannya untuk melayani mereka dan mengoptimalkan engagement.

Komunikasi Lebih Profesional

Selain menggunakan nomor mobile, pengguna WhatsApp Business dapat mendaftarkan nomor telepon kantor resmi apotek untuk membuat akun bisnis. Selama proses verifikasi, pilih opsi 'Panggil saya' untuk menerima kode melalui panggilan telepon. Sementara bila menggunakan nomor mobile, kode verifikasi akan dikirim melalui SMS. Dengan demikian, akun WhatsApp Business yang Anda miliki akan terlihat lebih profesional, hal ini tentu akan meningkatkan kepercayaan pelanggan apotek Anda.

Ketika Anda memilih aplikasi WhatsApp Business untuk memaksimalkan bisnis Apotek Anda untuk memberikan pelayanan optimal, Anda tentu memerlukan fitur tambahan yang mendukung kelancaran operasional. Hal tersebut akan didukung dengan mudah oleh Inofarma 2.0 sebagai software apotek yang memberikan fitur terbaik seperti sinkronisasi antar cabang, dapat diakses secara online dan interface yang sederhana.