Blog

Make Money Blogging!

Make Money Blogging!

Ingin mendapatkan uang dari internet? Ingin mempunyai penghasilan tanpa harus repot keluar rumah atau bekerja di kantor? Make money blogging salahsatu solusinya!

Banyak cara untuk Make money blogging atau usaha menghasilkan uang dari internet. Diantaranya melalui blog advertising, online sales, atau afiliasi sales.

Mau Sukses? FOKUS!

Semua orang ingin bisnisnya sukses, tapi sayang tidak semua orang mampu untuk focus terhadap bisnisnya. Banyak orang menilai bahwa  kesuksesan dalam berbisnis diukur dari besarnya hasil pendapatan bisnis. Padahal tak hanya itu. Beberapa orang menyatakan bahwa kesuksesan bukan saja dilihat dari besar kecilknya pendapatan yang diperoleh, namun juga berapa banyak waktu yang dianggarkan untuk kehidupan pribadi dan keluarga. Jika Anda sudah memutuskan untuk bergelut di dunia bisnis blogging, maka fokuslah di bisnis ini sebelum mencoba bisnis yang lain. Karena dengan focus terhadap sebuah bisnis,Anda akan dapat mencurahkan potensi terbaik Anda untuk menyongsong kesuksesan. Jadi, tentukan pilihan bisnis dan cintai bisnis Anda. Fokus untuk mengembangkan!

Bisnis Susah, banyak Hambatan

Setiap pilihan pasti ada resiko nya. Dan setiap bisnis pasti ada hambatannya. Seperti bermain game,dalam setiap chapter pasti ada ujian dan misi yang harus diselesaikan. Pada setiap ujian dan misi yang diselesaikan maka akan mendapatkan score exp (experience) besarnya kecilnya experience berdasar dari kuat lemahnya usaha kita dalam menyelesaikan game. Begitu pula dengan bisnis.
Ujian seorang blogger pun bermacam-macam, mulai dari blog yang deindex, akun paypal di suspend, akun adsense yang dibanned, atau keinginan untuk melampaui penghasilan blogger master yang ternyata tak tercapai hingga membuat malas ngeblog. Jika hanya dengan kendala-kendala seperti ini lantas membuat nyali ngeblog runtuh, maka bersiaplah untuk gagal!

Business Plan? WAJIB!

Tak hanya bisnis offline yang membutuhkan business plan. Bisnis online blog juga membutuhkan business plan yang matang. Ibarat sebuah perjalanan, kemana kah petualang akan melangkah jika tak ada tujuan? Sudah jelas akan tersesat. Entah tahu arah jalan pulang atau tidak.
Mereka yang berbisnis blog memiliki tujuan dan target bisnis. Mereka mengenali bisnis apa yang dijalankan dan bagaimana menjalankannya agar memenuhi target. Jika seorang pebisnis tak mengenali bisnisnya sendiri, maka yakin saja bisnis yang digelutinya akan segera tamat!

Lalu bagaimana kira-kira bentuk business plan dari ngeblog? Pakai saja 5W+1H! (What, Where, Who, Why, When, dan How).
Tak kalah penting adalah bahwa memilih untukterjun ke dunia bisnis blog harus didahului dengan mencari tahu bagaimana bentuk bisnis blog tersebut. Jangan sampai menginvestasikan banyak modal, tenaga, dan sumber daya lainnya, kemudian memulai bisnis blog hanya karena ingin COBA-COBA, atau karena kepengen setelah melihat orang lain sukses dalam bisnis blog. Ini akibatnya bisa FATAL. 

Jika pengetahuan Anda tentang bisnis online dan Make Money Blogging sudah memadai, maka akan menjadi mudah menyususn sebuah business plan untuk bisnis blogging ini.

Make Money from Blogging



Umumnya, cara mendapatkan uang dari blog ada 4 macam, yaitu :

  • 1. Blog advertising, adalah bisnis blogging dengan memanfaatkan advertise pada blog. Bisa melalui Google Adsense, Chitika, adFly, dan lain-lain (nantikan bahasan lebih lengkap pada posting berikutnya)

  • 2. Online sales,

  • 3. Affiliate program, bisnis penjualan online yang tidak harus memiliki barang terlebih dahulu, Anda dapat memperoleh penghasilan melalui komisi dari program affiliate

  • 4. Blog selling, adalah cara menghasilkan uang dengan menjual blog Anda yang sudah memiliki penghasilan. (nantikan bahasan lebih lengkap pada posting berikutnya)

Tidak semua poin-poin sumber penghasilan blog diatas dapat maksimal dicapai jika tidak memiliki sumber daya yang memadai, serta beberapa tips diatas (Fokus dan business plan) yang disesuaikan dengan kondisi sumber daya kita sendiri.

Nah, manakah bisnis blog yang akan anda tekuni ?

Silahkan kunjungi produk Inolabs lainnya seperti Software Apotek, Software Klinik, dan Software Rumah Sakit yang semuanya berbasis web.