Blog

Komplain yang Sering Muncul dari Pelanggan Apotek, Apa Saja?

Komplain yang Sering Muncul dari Pelanggan Apotek, Apa Saja?

Memang, komplain adalah hal yang cukup sering dihadapai di setiap bisnis perdagangan maupun jasa seperti apotek. Meski demikian, banyaknya komplain yang diterima tidak bisa dianggap wajar. Lalu, apa saja complain yang sering muncul dari para pelanggan apotek?

  1. Obat Tidak Sesuai Resep

Pasien adalah orang yang awam terhadap dunia medis. Bisa saja ketika si pasien membawa resep obat dengan merk tertantu lalu pihak apotek bermaksud menggantinya dengan obat sejenis dengan merk yang berbeda. Hal ini akan rawan menimbulkan komplain.

  1. Pelayanan Kurang Ramah

Meski tim sedang lelah karena melayani terlalu banyak pelanggan, hal ini jangan sampai menurunkan kualitas dalam pelayanan. Sering-sering meilhat ekspresi di cermin akan membantu menjaga keramahan dalam pelayanan petugas apotek.

  1. Stok Obat Tidak Lengkap

Banyak konsumen yang berharap akan menemukan obat yang dibutuhkannya ketika mengunjungi suatu apotek. Jika jenis dan stok obat tidak lengkap, tentunya hal ini akan menimbulkan kekecewaan.

  1. Lalai Dalam Penulisan Dosis Obat

Mungkin apoteker terbiasa menulis obat untuk dikonsumsi 3 x sehari. Namun ketelitian harus tetap dijaga. Karena ada beberapa obat yang harus dikonsumsi oleh pasien dengan kondisi penyakit tertentu hanya perlu dikonsumsi sebanyak 1 atau 2 x sehari. Kesalahan dalam penulisan dosis obat dapat menyebabkan komplain yang sangat fatal.

  1. Harga Produk Tidak Sesuai HET

Ingatlah bahwa acuan pemberian harga untuk produk obat di apotek haruslah sesuai dengan HET atau Harga Eceran Tertinggi. JIka produk obat tersebut lebih rendah atau setara dengan HET maka konsumen juga tidak akan sensitive. Namun jika harga lebih tinggi dari HET tentunya akan sangat mudah untuk menimbulkan komplain.

Tentunya, sangat penting mengantisipasi keluhan dari pelanggan apotek. Melalui pelayanan optimal diharapkan kepuasan pelanggan dapat lebih terjaga. Salah satu dukungan untuk memberikan layanan prima adalah dengan menggunakan software apotek terbaik. Inofarma 2.0 akan memberikan dukungan maksimal demi layanan pelanggan terbaik karena fiturnya yang canggih mampu memberikan solusi dalam hal administrasi stok, singkronisasi antar cabang, perhitungan pajak dan mudahnya akses secara online.