Blog

Kapan Sebaiknya Memutuskan Buka Cabang Apotek ?

Kapan Sebaiknya Memutuskan Buka Cabang Apotek ?

Kapan Sebaiknya Memutuskan Buka Cabang Apotek?

 

Kebutuhan masyarakat akan konsumsi obat-obatan yang tinggi menjadi alasan utama dibukanya bisnis apotek. Sehingga ketika suatu merek apotek telah berdiri di satu daerah tertentu dan kemudian membuka cabang di daerah lain kerap diorientasikan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di daerah tersebut. Apakah alasan tersebut saja sudah cukup untuk memutuskan membuka cabang baru apotek Anda?

Berdiri Sejak Kapan

Lamanya suatu usaha apotek berdiri juga menjadi penentu kelayakan untuk membuka cabang baru. Banyak pebisnis apotek yang menyarankan paling tidak satu usaha apotek telah mampu bertahan selama tujuh tahun dan menghasilkan keuntungan yang signifikan. Dengan demikian keuntungan tersebut-lah yang akan digunakan untuk membuka cabang baru.

 

Sediakan Kebutuhan Konsumen

Agar bisa bertahan, apotek mesti menyediakan beragam obat penyakit khusus yang memang banyak dibutuhkan masyarakat, seperti obat penyakit jantung, hipertensi, obat diabetes, dan obat lain yang penggunanya sudah jelas. Tentu saja ada baiknya obat-obat tersebut disediakan stoknya dengan harga yang lebih terjangkau. Sehingga ketika membuka cabang baru, sudah jelas bahwa apotek Anda akan menyediakan obat yang dibutuhkan oleh masyarakat di sekitar lokasi barunya nanti.

 

Survey Pesaing di Lokasi Baru

Siapa bilang apotek harus lebih murah dari harga pesaing di sekitarnya, kalo kita punya nilai tambah dengan pesaing di sekitar seperti tempat lebih bersih, pelayanan ramah, obat lengkap bisa saja lebih mahal dengan pesaing disekitarnya, sekarang tidak semua konsumen harga murah menjadi patokan membeli obatnya, artinya kita harus punya nilai lebih dengan apotek atau toko obat di sekitar, apalagi nilai tambah ada obatnya murah.

 

Gunakan Software Apotek

Saat memutuskan membuka cabang baru, pebisnis apotek sangat perlu memikirkan integrase data antar cabang. Untuk merealisasikannya tentu Anda harus memilih software apotek terbaik. Inofarma yang sudah merilis software apoteknya dalam versi 2.0 telah mampu digunakan secara online dan real time untuk integrase data antar cabang apotek.