Blog

Jin Shin Jyutsu, Solusi Memulihkan Berbagai Masalah Batin dan Raga

Jin Shin Jyutsu, Solusi Memulihkan Berbagai Masalah Batin dan Raga

Bagi kebanyakan dari kita, ketika kita merasa sakit atau mengidap penyakit tertentu, kita terbiasa untuk langsung mengonsumsi obat-obatan. Perawatan medis selalu disarankan dokter, terutama ketika muncul tanda-tanda dan gejala yang behubungan dengan keselamatan jiwa seseorang, tetapi bagaimana dengan sakit atau nyeri sehari-hari dan ketidaktenangan batin?

Di luar bidang farmasi, pasti ada alternatif alami yang tidak menyakitkan, salah satunya adalah latihan refleksologi tangan Jin Shin Jyutsu, yaitu sebuah seni penyembuhan kuno dari Jepang.

Menurut filosofi ini, setiap jari di tangan berkorelasi dengan dua dari 10 organ kita, di mana setiap jari dikaitkan dengan penyakit dan emosi yang berbeda. Melalui Jin Shin Jyutsu kesadaran kita terbangun dengan fakta sederhana bahwa kita dikaruniai kemampuan untuk menyelaraskan dan menyeimbangkan diri secara fisik, mental, dan spiritual. Selain itu memungkinkan kita untuk melepaskan ketegangan yang merupakan penyebab berbagai gejala di tubuh.

Banyak jalur energi mengalir melalui jari-jari. Ketika kita menyelaraskan jari-jari, kita dapat mulai menyelaraskan seluruh sirkulasi energi kehidupan dalam tubuh kita. Latihan ini sangatlah mudah. Yang perlu Anda lakukan adalah memegang jari tangan kiri dengan tangan kanan atau sebaliknya. Latihan ini akan memberikan perasaan lebih santai, tenang, dan damai. Berikut uraiannya:

1. Ibu Jari: Kecemasan dan Sakit Kepala

Ibarat sauh untuk tangan, ibu jari membawa beban semua keputusan. Ini paling sering dikaitkan dengan emosi depresi dan kecemasan. Serta terkait dengan organ limpa dan perut.

Jika Anda merasa sedih dan khawatir akhir-akhir ini, atau mengalami sakit kepala dan gugup, cobalah genggam jempol Anda, dan dengan lembut berikan tekanan padanya. Pastikan untuk tidak menekan terlalu keras. Genggam lembut ibu jari Anda selama beberapa menit dengan tangan Anda yang lain untuk menghilangkan kecemasan dan depresi.

2. Jari Telunjuk: Frustrasi dan Nyeri Otot

Jari telunjuk dikaitkan dengan ketakutan, kebingungan, serta organ ginjal. Menurut studi refleksiologi yang dilakukan oleh University of Minnesota, banyak pasien dialisis ginjal mengalami peningkatan kualitas kesehatan dengan latihan ini.

Pasien yang memiliki masalah dengan otot dan sakit punggung atau ketidaknyamanan pada lengan dan kaki juga dilaporkan merasa lebih baik setelah latihan ini.

3. Jari Tengah: Emosi Kemarahan dan Liver

Jari tengah terkait dengan emosi kemarahan dan temperamen. Menurut filosofi Jin Shin Jyutsu, latihan pada bagian ini juga membantu masalah organ hati.

Latihan seperti ini juga menciptakan efek relaksasi yang penting. Setelah berlatih latihan ini, pasien melihat penurunan tekanan darah dan tingkat kecemasan mereka.

4. Jari Manis: Masalah Negatif dan Pencernaan

Jika Anda memiliki keraguan tentang diri Anda sendiri, atau jika Anda merasakan energi negatif atau sedih di sekitar, cobalah berfokus pada jari manis.

Menurut ahli refleksologi Wendy Coad, menerapkan tekanan di sini juga dapat membantu masalah pencernaan dan pernapasan. Secara keseluruhan, latihan refleksologi seperti ini ditunjukkan untuk membantu mengurangi rasa sakit yang ditemukan di dada dan ginjal.

5. Jari Kelingking: Gugup dan Stres

Jari kelingking terkait dengan kondisi harga diri yang rendah. Anda mungkin seseorang yang selalu berpikir berlebihan, atau menilai sesuatu terlalu keras.

Ketika Anda melakukan latihan ini, cobalah untuk melepaskan daftar hal-hal yang menghambat Anda, dan cobalah untuk menjernihkan pikiran Anda dan berada di masa kini. Latihan ini akan sangat bagus jika Anda menderita sakit badan dan sakit atau masalah saraf.

Lakukan latihan ini selama tiga hingga lima menit, atau sampai kondisi Anda stabil. Saat melakukan latihan ini, ingatlah untuk tetap tenang dan mengendalikan pernapasan Anda. Tak perlu merisaukan berbagai pikiran yang berkecamuk di kepala Anda. Anda hanya cukup menyadari apapun pikiran yang masuk ke dalam diri Anda tanpa perlu mempertanyakan atau menghakimi baik buruknya. Tak perlu menolak atau menerima semua pikiran itu, cukup amati dan sadari saja, fokuslah pada napas.

Meskipun kita hanya menyentuh bagian awal dari latihan refleksologi, namun tangan kita adalah tempat yang tepat untuk memulai.

Apakah Anda akan mencoba latihan sederhana yang efektif ini di rumah?

Silakan kunjungi laman produk Inolabs Indonesia lainnya seperti Software Apotek, Software Klinik, dan Software Rumah Sakit yang semuanya berbasis web.