Blog

Jenis-Jenis Jaringan Bisnis MLM & Keuntungannya

Jenis-Jenis Jaringan Bisnis MLM & Keuntungannya

Jika kita sering membaca buku bisnis, kita pasti akan mengetahui kalua pengusaha kaya seperti Robert T Kiyosaki, Donald Trump, Bill gate, Paul Zane Pilzer, Franklin Covey dan masih banyak lagi merekomendasikan multi level marketing. Bisnis MLM sendiri memiliki berbagai jenis sistem jaringan untuk membuat bisnis tersebut berkembang. Sebelum Anda memutuskan untuk bergabung dalam bisnis MLM, mari kenali lebih dalam jenis-jenis jaringan dalam bisnis MLM beserta keuntungannya.

 

Menurut Setiawan (2017), terdapat beberapa jenis Multi Level Marketing, yaitu sebagai berikut:

 

a. Sistem Binary Plan 

Sistem Binary Plan ini mengutamakan pengembangan jaringan hanya dua leg saja dan mengutamakan keseimbangan jaringan. Semakin seimbang jaringan dan omset bisnis dalam perusahaan MLM seperti ini, semakin besar bonus yang terima. Namun jika tidak seimbang, maka bonus-bonus tersebut mengalir deras ke dalam perusahaan. Biasanya sistem Binary Plan ini diusung perusahaan-perusahaan MLM yang dibuat oleh orang Indonesia. Biasanya perkembangan jaringan perusahaan yang menggunakan sistem Binary Plan relatif cepat sekali. Mitra-mitranya cepat mendapat bonus besar.

 

b. Sistem Matrix 

Sistem matrix ini pengembangan jaringannya menggunakan konsep hanya tiga frontline saja dan begitu pula selanjutnya ke bawah. Jenis sistem ini muncul untuk mengakali sistem binary yang sering dianggap money game.


 

c. Sistem Break Away 

Sistem ini pengembangan jaringannya mengutamakan kelebaran. Semakin banyak frontline, semakin besar pula bonus yang diterima. Sistem ini juga memungkinkan downline untuk melebihi upline-nya. Bonus yang didapat mitranya biasanya kecil di awal, namun besar di peringkat atas.

Perkembangan jaringan bisnis MLM dapat berjalan dengan baik jika didukung sistem informasi yang memadai. Inolabs Indonesia dapat memberikan solusi berupa pengembangan sistem informasi terbaik untuk bisnis MLM. Dengan demikian, keberlangsungan bisnis dan pertumbuhan jaringan dapat berjalan optimal untuk kesuksesan bersama.