Blog

Daftar 5 Penyakit Paling Mematikan di Indonesia

Daftar 5 Penyakit Paling Mematikan di Indonesia

Tahun telah berganti, tetapi berbagai penyakit berbahaya masih mengancam di Indonesia. Semua orang, termasuk Anda, pasti ingin hidup sehat dan bebas dari aneka macam penyakit. Namun, jika Anda sendiri tidak menjaga kesehatan, maka yang namanya penyakit pasti akan dekat dengan Anda. Mulai dari penyakit yang ringan hingga yang berbahaya, yang mematikan.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini adalah lima penyakit paling mematikan yang umum terjadi di Indonesia beserta gejala-gejalanya. Mari kita kupas masing-masing penyakitnya.

Baca juga Olahraga yang Aman bagi Penderita Osteoporosis

1. Diabetes Melitus

Diabetes melitus masuk dalam tiga besar penyakit paling mematikan di Indonesia. Berdasarkan data WHO tahun 2013, diabetes melitus menyumbang 6,5 persen kematian pada penduduk Indonesia.

Tidak hanya orang dewasa, anak-anak dan remaja pun bisa terkena diabates. Pasalnya, Pusat Data dan Informasi milik Kemenkes tahun 2013 mengungkapkan bahwa jumlah penduduk usia 15 tahun ke atas mencapai angka 1,5 sampai 2,1 persen. Bahkan, diperkirakan angka ini terus meningkat setiap tahunnya.

Oleh karena itu, cegah diabetes sejak dini dengan membatasi asupan gula dan rutin olahraga. Jangan lupa cek gula darah setiap hari untuk menjaga kadar gula darah Anda tetap normal.

2. Tuberkulosis

Tuberkulosis atau TBC merupakan penyakit infeksi menular yang disebabkan oleh kuman TB (Mycobacterium tuberculosis) yang masuk melalui pernapasan. Gejala utama tuberkulosis berupa batuk dua minggu atau lebih, batuk disertai dahak bercampur darah, sesak napas, nafsu makan menurun, dan demam lebih dari satu bulan.

Tuberkulosis termasuk penyakit paling mematikan di Indonesia pada posisi keempat. Pasalnya, menurut data dari WHO tahun 2014, jumlah kematian akibat TBC terus meningkat, bahkan diperkirakan lebih dari 100.000 kasus setiap tahunnya.

Baca juga Penyakit yang Harus Diwaspadai Pasca Bencana Alam

Sebenarnya, TBC dapat disembuhkan sepenuhnya asalkan Anda minum obat TBC secara rutin. Obat ini harus terus diminum selama 6 sampai 12 bulan untuk mencegah pertumbuhan bakteri penyebab TBC.

3. Stroke

Berdasarkan survey tahun 2014 yang dilakukan oleh Sample Registration System (SRS), ditemukan bahwa stroke menempati posisi pertama sebagai penyakit paling mematikan di Indonesia, baik untuk pria mamupun wanita. Meski kasus stroke tertinggi terjadi pada orang-orang berusia 75 tahun ke atas, tetapi sejak tahun 2013 stroke sudah banyak terjadi pada pria dan wanita usia 45 tahun ke atas. 

4. Jantung Koroner

Menurut WHO, 60 persen kematian di dunia diakibatkan oleh penyakit yang satu ini. Hal yang sama terjadi di Indonesia. Dikutip dari Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan RI tahun 2013, jumlah kasus penyakit jantung koroner di Indonesia terus meningkat sebanyak 7 sampai 12,1 persen dari total penduduk Indonesia.

Baca juga Mitos Menyesatkan Seputar HIV/AIDS yang Perlu Anda Tahu

5. Hipertensi dengan Komplikasi

Komplikasi hipertensi pada organ lain bisa menyebabkan kerusakan ginjal, pendarahan pada retina mata, pecahnya pembuluh darah di otak hingga kelumpuhan.

Teaser INOFARMA 2.0

Silakan kunjungi laman produk Inolabs Indonesia lainnya seperti Software Apotek, Software Klinik, dan Software Rumah Sakit yang semuanya berbasis web.