Blog

Cari Tahu! Prospek Karir Studi Farmasi

Cari Tahu! Prospek Karir Studi Farmasi

Bidang ilmu apapun jika ditekuni amaka akan memberikan prospek profesi yang baik ke depannya. Seorang yang masuk jurusan farmasi misalnya, memang memiliki jalan karir yang memuaskan dan menjanjikan. Meski demikian, untuk menjadi seorang yang ahli dalam bidang farmasi juga harus melakukan perjalanan studi yang tidak bisa dibilang mudah terlebih dahulu, sehigga seseorang akan dapat bekerja sesuai dengan keinginannya yaitu menjadi seorang ahli ilmu farmasi. 

Terlebih lagi jika melihat peluang atau prospek kerja farmasi, instansi perusahaan dan lembaga lain sangat jeli untuk mendapatkan karyawan yang cerdas. Berikut adalah peluang atau prospek kerja farmasi.

Apoteker

Apoteker merupakan konsultan obat bagi seluruh dokter ataupun pasien yang membutuhkannya. Seorang apoteker harus dapat mengetahui bagian dari obat-obatan tersebut dan dapat juga menjelaskan dari obat-obatan tersebut kepada pasiennya.

Farmasi Industri

Umumnya ditempatkan pada bagian research and development di perusahaan pharmaceutical atau cosmetical. Yang bertugas menentukan formula, teknik pembuatan dan menetukan spesifikasi bahan bahan baku yang akan digunakan. Ini adalah pekerjaan idaman para lulusan farmasi karena konon gajinya sangat fantastis.

Dosen

Sebab Pendidikan farmasi perlu tenaga pengajar maka prospek kerja farmasi dalam bidang pendidikan adalah dengan menjadi guru atau dosen pada jurusan farmasi. Namun untuk menjadi dosen harus menempuh S2. Peluang sebagai tenaga pendidik dalam bidang farmasi sangat dibutuhkan. Gaji yang akan diterima pada umumnya tergantung jam mengajar serta jumlah kelas yang diampu.

Peneliti Farmasi

Tenaga farmasi juga bisa bekerja sebagai peneliti farmasi dengan meneliti potensi obat dari berbagai tanaman yang ada di alam sekitar. Lembaga yang menerima profesi ini seperti LIPI atau Balitro milik pemerintah meski proses seleksinya sangat terbatas.

Tim BPOM

Menjadi bagian dari tenaga BPOM (Balai Pengawas Obat & Makanan) adalah pekerjaan yang cukup menantang bagi lulusan farmasi. Tenag farmasi diwajibkan menguji secara klinis tentang pengaruh maupun efek samping dari obat-obatan sebelum beredar di pasaran.

Demikianlah lima prospek profesi farmasi yang diulas oleh Inolabs Indonesia selaku perusahaan pengembang software apotek terbaik: Inofarma 2.0. Kira-kira pembaca paling tertarik dengan profesi yang bagian mana?