Blog

Bekerja Dengan Konsentrasi Penuh Saat Puasa

Bekerja Dengan Konsentrasi Penuh Saat Puasa

Masih berada di minggu awal puasa tapi Anda merasa sulit untuk fokus saat berpuasa? Pada dasarnya, tidak dapat kita pungkiri bahwa puasa akan membuat konsentrasi kita mudah terganggu karena otak yang kekurangan nutrisi. Meski demikian, dengan rutinitas dan tuntutan pekerjaan yang dijalani tentu kita harus menemukan cara untuk tetap fokus di tengah berpuasa kan? Ini dia beberapa caranya:

  1. Pilihan Menu Sahur

Makanan dengan indeks glikemik rendah disebut-sebut dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan daya ingat selama 2 jam ke depan. Indeks glikemik adalah skor angka yang menentukan seberapa cepat makanan diubah menjadi gula darah. Semakin rendah angkanya, maka kadar gula darah tidak cepat naik daripada makanan dengan indeks glikemik tinggi. Berbagai menu sahur yang dapat meningkatkan konsentrasi saat puasa adalah alpukat, pisang, sayur bayam, ikan, dan telur. Ikan tuna atau salmon, misalnya, mengandung asam amino yang mampu menjaga otak tetap fokus dan tajam. Begitu juga dengan telur, mengandung kolin yang dapat meningkatkan kesehatan membran sel otak. Anda bisa mengolah jenis makanan tersebut ke dalam sajian sehat dan mengenyangkan. Contohnya membuat jus alpukat, smoothies pisang, sayur bayam bening, atau telur dadar.

  1. Perbanyak Air Putih Saat Sahur

Memperbanyak minum air putih juga bisa membantu meningkatkan konsentrasi saat puasa. Selain mencegah dehidrasi, asupan air putih juga bermanfaat untuk menjaga kinerja otak terkait dengan konsentrasi. Ketika otak mendeteksi adanya kekurangan cairan dalam tubuh, otak akan menyerap cairan dari organ tubuh lainnya. Akibatnya, otak jadi tidak fokus dan sulit konsentrasi saat bekerja. Badan Anda pun juga mulai terasa lemas dan menunjukkan tanda-tanda dehidrasi.

  1. Jam Tidur Yang Cukup

Setelah tarawih, arahkan tubuh untuk langsung beristirahat sebab Anda harus bangun sahur pada esok dini hari. Kurang tidur sangat berpengaruh kepada kemampuan konsentrasi. Kurang tidur dapat mengganggu proses penyimpanan informasi sehingga Anda menjadi lebih sulit mengingat atau mempelajari hal baru. Tentu hal ini akan sangat menghambat aktivitas Anda kan? Tidur berperan dalam proses kognitif, yaitu proses belajar dan berpikir. Kurang tidur, akan membuat kita sulit berpikir logis.

  1. Jauhi Hal Yang Mengganggu

Konsentrasi merupakan kunci dari produktivitas kerja yang optimal. Jadi pastikan Anda tetap fokus dengan menjauhi hal yang dapat mengganggu konsentrasi Anda. Misalnya dengan mematikan nada dering telepon atau bahkan sekalian saja matikan telepon genggam Anda selama bekerja. Jika pekerjaan Anda memungkinkan Anda untuk mendengarkan musik, dengarkanlah musik yang dapat membantu Anda tetap fokus saat puasa, misalnya musik instrumental.

  1. Olahraga Ringan

Menurut sebuah penelitian dari Universitas Illinois, olahraga dapat meningkatkan fungsi kognitif otak yang berkaitan dengan fokus dan perhatian. Tak perlu khawatir batal  jika berolahraga saat puasa. Anda bisa melakukan olahraga ringan 1-2 jam menjelang berbuka puasa, atau 1-2 jam setelah berbuka.

Jika Anda pekerja atau pemilik bisnis apotek dengan tingkat pekerjaan yang padat. Tentu memerlukan bantuan sarana pendukung untuk mempermudah kinerja, apalgi di bulan puasa ini yang konsentrasi sangat perlu dijaga. Inofarma 2.0 hadir sebagai software apotek yang mendukung kinerja dengan sistem informasi terbaik. Software ini mampu menangani adminitrasi data stok antar cabang secara online bahkan mempermudah dalam penghitungan pajak bisnis apotek Anda.