Blog

Alasan Pentingnya Menerapkan Manajemen Inventori pada Apotek

Alasan Pentingnya Menerapkan Manajemen Inventori pada Apotek

Manajemen inventori atau manajemen persediaan merupakan hal penting yang harus diperhatikan dalam dunia usaha, salah satunya apotek. Bahkan seberapa profesional sebuah usaha apotek dapat dilihat dari sistem pengelolaan stok atau persediaan barang dagangannya. Bayangkan saja, jika pelanggan tidak mendapatkan obat yang dibutuhkan karena alasan kehabisan persediaan dan ini terjadi berulang kali, tentu akan berdampak pada menurunnya citra apotek tersebut.

Baca juga Seberapa Pentingkah Integrasi Apotek Antar Cabang?

Sebuah apotek tidak akan bisa lepas dari berbagai perencanaan dan pengendalian persediaan. Karena bagaimanapun juga hal tersebut memerlukan perhatian khusus dari pihak apotek agar bisa memberikan keuntungan bagi perusahaan tersebut.

Berikut ini beberapa alasan mengenai pentingnya pengendalian persediaan:

  • Menjamin lancarnya arus barang dan mempertahankan stabilitas perusahaan. Dengan persediaan barang yang terkontrol baik, maka tidak akan mengganggu kelancaran operasional perusahaan sehingga perusahaan tetap dapat memenuhi kebutuhan pasar.
  • Memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan dengan menjamin tetap tersedianya barang-barang yang dibutuhkan mereka. Dalam hal ini para pelanggan akan merasa dihargai sehingga mereka pun loyal terhadap perusahaan
  • Menekan pengadaan barang-barang yang kemungkinan tidak sesuai dengan kebutuhan pasar. Sehingga tidak terjadi penumpukan barang berlebihan yang ternyata kurang diminati pelanggan.
  • Meminimalkan resiko keterlambatan datangnya barang yang dibutuhkan perusahaan, karena adanya persediaan barang di gudang yang dapat digunakan untuk operasional terlebih dahulu.

Baca juga Kenapa Pencatatan Keuangan yang Baik Sangat Penting dalam Bisnis Apotek?

Sedangkan beberapa hal yang harus diperhatikan dalam Inventory Management antara lain :

1. Waktu kedatangan barang pesanan

Perhatikan waktu kedatangan barang yang dipesan kembali dalam periode tertentu. Hal ini terkait dengan persediaan barang di gudang, sehingga perlu disesuaikan agar barang tetap ada sampai pesanan selanjutnya tiba.

2. Jumlah barang yang disimpan

Kuantitas barang yang dipesan harus disesuaikan dengan kebutuhan. Jika terlalu banyak, tentu terjadi pemborosan, namun jika terlalu sedikit akan mengakibatkan kekosongan stock yang berdampak kurang baik pada pelayanan terhadap konsumen.

Baca juga Tips Jitu Memulai Bisnis Apotek yang Menguntungkan

3. Jumlah safety stock

Safety stock yaitu persediaan untuk berjaga-jaga seandainya terjadi sesuatu hal yang menghambat proses pengiriman barang selanjutnya, sehingga persediaan tetap ada untuk beberapa waktu ke depan.

Itulah alasan pentingnya manajemen inventori bagi usaha apotek. Semoga bermanfaat untuk Anda para pemilik usaha apotek.

Teaser INOFARMA 2.0

Silakan kunjungi laman produk Inolabs Indonesia lainnya seperti Software Apotek, Software Klinik, dan Software Rumah Sakit yang semuanya berbasis web.